Connect with us

Pemerintahan

Kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak Menjadi Perhatian Wakil DPR RI Kurniasih Mufidayati

Published

on

Kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak Menjadi Perhatian Wakil DPR RI, Kurniasih Mufidayati

Jagad Warta – Jakarta, Kasus 131 anak menderita gangguan ginjal akut (acute kidney injury) menjadi perhatian khusus.
Kasus tersebut, membuat, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati mengatakan, akan mendorong Pemerintah dengan melibatkan BPOM guna mengatasi kasus gangguan ginjal akut pada anak.

Lebih lanjut, Kurniasih, menyampaikan, kasus ini menjadi perhatian nya, maka diharapkan, Pemerintah melibatkan BPOM dalam satuan tugas bersama antara Kemenkes, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dalam mengatasi kasus tersebut.

Berkaca dari kasus yang sama di Gambia yang menurut WHO disebabkan oleh, obat-obatan anak, maka BPOM perlu memastikan semua peredaran obat anak yang beredar di Indonesia.

” Terkait dengan keterlibatan BPOM, Gugus tugas perlu melibatkan dan mendorong BPOM untuk melakukan pemeriksaan kembali atas kandungan obat untuk anak yang diduga, menjadi pemicu gagal ginjal akut pada anak ini. Termasuk obat-obatan anak yang dijual bebas ,” ujar Kurniasih dalam keterangan tertulis yang diterima Parlementaria, Jumat  (14/10/2022) lalu.

Legislator Dapil DKI Jakarta II ini, menyebut, meski di Indonesia penyebabnya, masih menjadi misteri pelibatan semua stakeholder bisa dilakukan, sedari diri untuk melakukan mitigasi di semua sektor.

” Termasuk dari sisi penelitian perlu untuk melihat lebih pasti apa penyebabnya, komunikasi dengan WHO dan juga belajar dari Gambia yang sudah lebih dulu memiliki kasus juga bisa dilakukan. Setelah tata laksana diterbitkan, Kemenkes, semua stakeholder harus bersiap diri ,” ungkap Kurniasih.

Kepada para orang tua, Kurniasih, berpesan, agar selalu berkonsultasi dengan dokter dan tenaga kesehatan dalam memberikan obat-obatan untuk anak-anak. Apalagi kini, ada layanan pembelian obat secara daring.

” Waspada dengan langkah konsumsi obat-obatan untuk anak sebisa mungkin dengan anjuran dari dokter atau tenaga kesehatan. Membeli obat secara daring juga ada tata caranya, yang sudah dijabarkan oleh, BPOM. Periksa kembali agar semuanya aman ,” sebut Kurniasih.

Politisi Fraksi PKS ini, juga meminta agar Kemenkes dan gugus tugas selalu memberikan perkembangan baik dari penelitian yang dilakukan di Indonesia maupun hasil koordinasi dengan WHO melihat ada kemiripan dengan yang terjadi di Gambia.

” Masyarakat khususnya, orang tua pasti ingin mengetahui, selain penyebabnya juga tindakan pencegahan yang bisa dilakukan, serta langkah-langkah jika ternyata memiliki gejala yang mirip dengan kasus gagal ginjal akut. Publik harus sesegera mungkin paham soal ini dan siap untuk melakukan mitigasi secara mandiri ,” tandasnya.
Dilansir dari laman DPR RI.go.id

Lanjutkan Membaca
Advertisement

Pemerintahan

Kemenkumham Jatim Dinobatkan Berkinerja Terbaik Kategori Klasifikasi Kanwil Tipe A

Published

on

Basudewa – Surabaya, Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, dinobatkan sebagai Kanwil Kemenkumham berkinerja terbaik tahun 2021 Kategori Klasifikasi Kanwil Tipe A.

Penghargaan tersebut, merupakan prestasi kinerja berdasarkan, beberapa parameter kinerja.

Beberapa parameter tersebut, adalah Indikator Kinerja Pelaksana Anggaran (IKPA), Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran (SMART), Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah serta Nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

” Selain itu, Meningkatnya Indeks Reformasi Birokrasi dengan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK & WBBM serta capaian target kinerja dan perjanjian kinerja ,” beber Kakanwil Kemenkumham Jatim Zaeroji.

Zaeroji menerima langsung penghargaan tersebut, dari Menkumham, Yasonna H Laoly Kamis (24/11/2022). Dalam gelaran Rapat Koordinasi Pengendalian Capaian Kinerja Tahun 2022 dan Penyusunan Target Kinerja Tahun 2023 itu, seluruh pimpinan tinggi pratama Kanwil Kemenkumham berkumpul untuk mengevaluasi dan merumuskan kebijakan di Hotel Grand Mercure Kemayoran.

” Terima kasih atas dukungan seluruh jajaran dan stakeholder kepada Kanwil Kemenkumham Jatim, ini adalah capaian yang luar biasa di akhir pengabdian saya ,” ujar Zaeroji yang memasuki purna tugas pada 1 Desember 2022 nanti.

Selain Jatim, untuk Kanwil Kemenkumham Tipe A, Kanwil DKI Jakarta berada di peringkat kedua diikuti Kanwil Jawa Barat di peringkat ketiga.

Sedangkan, untuk Kanwil Tipe B, Kanwil NTB meraih terbaik I diikuti, Kanwil DIY dan Sumatera Selatan di peringkat kedua dan ketiga.

Sementara itu, untuk Kanwil Tipe C, berturut-turut diraih Kanwil Bangka Belitung di peringkat pertama, Bengkulu dan Kalteng di peringkat kedua dan ketiga.

Menkumham, Yasonna, mengucapkan, terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah berkontribusi positif melaksanakan seluruh kegiatan.

Untuk pencapaian target yang telah ditetapkan bersama, di sisa waktu di penghujung tahun ini, diselesaikan target kinerja dengan baik dan tuntas.

” Semoga kinerja yang baik dapat terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan dari tahun ke tahun. Bagi Kepala Kanwil yang belum berprestasi dan tanpa prestasi, akan menjadi bahan evaluasi kita bersama ,” pungkasnya.    TIM.

Lanjutkan Membaca

Trending