Connect with us

Daerah

PSDKU UNPATTI Kepulauan Aru Gelar Wisuda Sarjana Periode Agustus 2022

Published

on

Basudewa – Dobo, Gelar acara wisuda PSDKU UNPATTI di Kabupaten Kepulauan Aru, yang tepat di usianya ke VI, bertempat di Aula Cendrawasih Dobo, pada Senin (5 /09/2022).

Gelar wisuda tersebut, di serukan oleh, Dr Theopilus W Watuguly, selaku, Koordinator PSDKU Kepulauan Aru juga dihadiri Bupati dr Johan Gonga, orang tua wisudawan.

Pada periode wisuda Kelima PSDKU atau periode wisuda kedua tahun 2022 lni, terdapat 81 lulusan PSDKU Universitas Pattimura di Kabupaten Kepulauan Aru.

Adapun, yang turut diwisuda dan 1 lulusan kampus utama yang diwisuda bersamaan dengan lulusan PSDKU.

Ini berarti, bahwa sampai dengan tahun ke 6 perjalanan PSDKU di Kepulauan Aru, ada sekitar wisuda 272 lulusan dengan rincian,
Prodi Hukum sampai dengan April 2021 jumlah yang telah diwisuda 100 orang.

Sementara yang di wisuda pada September 3 orang, untuk Prodi Akuntansi 81 yang di wisuda sejak April 2021, sementara pada September 2022 berjumlah 10 orang.

Prodi PGSD 28 yang di wisuda  sejak April 2021, untuk periode September 2022 berjumlah 14 orang.

Pendidikan bahasa Inggris 14 orang sejak April 2021, dan Untuk September 2022 berjumlah 5 orang,

Selanjutnya, untuk Prodi Matematika 11 orang yang di wisuda sejak April 2021, September 2022 berjumlah 3 orang. Dan untuk Prodi Penjaskes jumlah wisudawan sejak April 2021 berjumlah 37 dan September 2022 berjumlah 13 orang.

Sehingga, total yang telah di wisudah oleh PSDKU Aru sejak April 2021 sebanyak 272 orang Sarjana, dan untuk September 2022 yang baru saja di wisuda sebanyak 55 orang.

Selanjutnya, pada wisuda saat ini, terdapat 3 mahasiswa yang lulus dengan predikat cumlaude yang masing-masing adalah 2 mahasiswa berasal dari Prodi Akuntansi, dan 1 mahasiswa dari Prodi Penjas.

Diharapkan, setiap tahun akan ada sekitar 200 lulusan PSDKU Universitas
Patimura di Kabupaten Kepulauan Aru yang akan diwisuda.

Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan program PSDKU dan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, secara bertahap proses rekrutmen dosen dan tenaga kependidikan.

Pada tahun akademik 2021/2022 PSDKU Universitas Pattimura di Kabupaten Kepulauan Aru telah bertambah 12 CPNS.

Dengan demikian, selain dosen dari kampus utama yang melayani pengelolaan dan Tridharma juga terdapat dosen non PNS dan dosen PNS yang direkrut khusus, untuk PSDKU Universitas Pattimura d Kabupaten Kapulauan Aru.

Rekrutmen dosen Universitas Pattimura di Kabupaten Kepulauan Aru, dilakukan melalul, 4 mekanisme, yakni: perbantuan dosen dari kampus utama Universitas Pattimura , rekrutmen dosen non PNS sebanyak 2 orang (Prodi Hukum dan BING), beasiswa Program S2 dari Pemerintah Daerah Kabupaten Aru kepada putra-puteri terbaik Kabupaten Aru, yang telah lulus diangkat menjadi dosen serta rekrutmen dosen PNS.

Pada tahun 2021/2022 PSDKU Universitas Pattimura di Kabupaten Kepulauan Aru, mendapat tambahan 12 dosen CPNS yang terdiri 4 dosen untuk Prodi Hukum, 2 dosen Prodi Akuntansi,1 dosen prodi Penjas, 2 dosen prodi Pendidikan Matematika dan 1 dosen prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang telah menerima SK CPNS.

Sementara saat ini, sedang mengikuti LATSAH (latihan dasar) sampai bulan Desember 2022.

Sesuai dengan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Kampus Merdeka. Merdeka Belajar, setiap Program Studi baik di kampus utama maupun pada kampus PSDKU dituntut untuk segera menyelesaikan dokumen kurikulum MBKM dan panduan implementasi merdeka belajar.

lni berarti bahwa mulai tahun ajaran 2022/2023, kegiatan pembelajaran pada PSDKU tidak hanya berlangsung di Kampus PSDKU dalam bentuk perkuliahan tetapi akan berlangsung dalam berbagai bentuk.

Mahasiswa PSDKU Universitas Pattimura dimungkinkan selama 2 (semester) mengikuti kegiatan pembelajaran di luar kampus PSDKU.

” Diantara pembelajaran di luar kampus yakni, kegiatan pertukaran mahasiswa, kegiatan Magang, kegiatan asistensi mengajar, kegiatan wirausaha, kegiatan membangun desa/KKN Tematik. Kegiatan Penelitian, Kegiatan Penelitian/Riset, Kegiatan Studi/Proyek independen dan kegiatan Proyek Kemanusiaan ,” ungkap Theopilus W Watuguly.

Lebih lanjut, program ini, tentunya akan memberikan manfaat besar baik bagi mahasiswa maupun daerah.

Untuk kegiatan Asisten Mengajar misalnya, mahasiswa PSDKU akan dapat ditempatkan pada sekolah-sekolah yang kekurangan guru.

Mereka akan melakukan kegiatan pembelajaran selama 1 (satu) semester pada sekolah sekolah tersebut, dan akan dikonversi menjadi maksimum 20 sks.

Dalam pengembangan minat dan bakat mahasiswa juga terus mendapatkan perhatian serius.

Dalam perjaIanan PSDKU. telah diidentifikasi adanya, banyak bakat mahasiswa baik dalam hal seni maupun olahraga.

Unit-unit pembinaan bakat mahasiswa akan terus dikembangkan, di lingkungan PSDKU Universitas Pattimura di Kabupaten Kepulauan Aru.

Mahasiswa PSDKU juga akan dilibatkan, dalam kompetisi akademik dan non akademik, baik pada level Provinsi maupun level nasional.

Pada bulan Agustus 2022, 1 mahasiswa Prodi Panjas mengikuti Kejuaraan Nasional Atletik di Semarang.

Kemudian dalam masa persiapan untuk Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional di bulan November. Sedangkan, untuk 3 cabang olahraga antara lain, cabang Atletik 6 mahasiswa. cabang Taekwondo 2 mahasiswa dan cabang Volly Pasir Putri 2 mahasiswa di Provinsi Nangroe Aceh Darusalam.

Dalam upaya untuk mendukung Pemerintah Daerah guna pengembangan masyarakat Kepulauan Aru, kegiatan pengabdian masyarakat telah mendapat perhatian serius.

Setiap program studi sesuai spesifikasi bidang ilmunya. Setiap tahun akademik akan melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat.

Kegiatan tersebut, dimaksud atau diarahkan pada pengembangan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan masyarakat sehingga dapat meningkatkan pola hidup dan kesejahteraannya.

Pada dalam tahun akademik 2022/2023 Universitas Pattimura bekerjasama dengan Pemerintah Timor Leste dalam program mahasiswa asing.

Mahasiswa asal Timor Leste akan difasilitasi untuk mengikuti kuliah di Universitas Patimura, termasuk pada PSDKU Universitas Pattimura di Kabupaten Kepulauan Aru.

Tahun akademik 2022, setalah mengikuti tahap seleksi yang dilaksanakan di bulan Agustus, kami menerima mahasiswa internasional yang berasal dari Negara Timor Leste sebanyak 8 mahasiswa dengan rincian Prodi  Hukum 1 mahasiswa, Prodi Akuntansi 1 mahasiswa, Prodi PGSD 1 Mahasiswa, Bahasa Inggris 1 mahasiswa, dan Prodi Penjas 1 mahasiswa.

Dengan program ini, diharapkan, PSDKU akan mengalami peningkatan posisi yang cukup signifikan, karena masuk dalam kategori perguruan  tinggi yang memiliki mahasiswa asing.

Penyelenggaraan PSDKU Universitas Pattimura di Kabupaten Kepulauan Aru sampai dengan tahun ke VI ini, telah berlangsung sesuai dengan Roadmap pengembangan PSDKU.

Dalam pengembangan PSDKU tersebut, peran dan dukungan Pemerintah Daerah maupun DPRD Kabupaten Kepulauan Aru sangatlah besar.

Dana Hibah dan Pemerintah Daerah Kepulauan Aru, sangat signifikan dan sangat mendukung upaya percepatan pengembangan PSDKU Universitas Pattimura di Kabupaten Kepulauan Aru, yang telah memasuki tahapan penyusunan dokumen untuk proses pengusulan transformasi PSDKU menjadi perguruan tinggi mandiri.

Untuk itu, atas nama pengelola PSDKU Aru, menyampaikan terimakasih kepada,
Rektor Universitas Pattimura dan para-Wakil Rektor atas kepercayaan dan dukungan bagi pengelola, Bupati Kabupaten Kepulauan Aru atas prakarsa dan ketekunan mengawal, serta kerja keras dalam mengembangkan PSDKU UNPATI di Kabupaten Kepulauan Aru,
Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kepulauan Aru, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Aru, Para Wakil Ketua, Ketua Komisi dan semua anggota DPRD kabupaten Kepulauan Aru atas perhatian dan dukungan juga pengawasannya bagi pengembangan PSDKU  serta Pimpinan Senat Universitas Pattimura atas dukungannya dalam perumusan kebijakan akademik dalam penyelenggaraan wisuda dan juga para Dekan, LP3MP, Wakil Dekan, dan lainnya.    Dedi Weusa.

Daerah

Solidaritas Tragedi Kanjuruhan Malang Aremania Serentak Aksi Turun Jalan

Published

on

Basudewa – Malang, Aremania serentak melakukan aksi turun jalan hampir di semua ruas jalan raya. Aksi tersebut, dimulai dari pukul 11.47 WIB, pada Minggu (27/11/2022).

Aremania tampak berkumpul dan menutup pintu tol Karanglo Under Pass (pintu keluar tol Karanglo – Singosari).

Aksi turun jalan berdampak para pengguna jalan terpaksa tidak bisa melewati jalan Under Pass sehingga, pengguna jalan dari arah kota Malang (selatan) diarahkan ke jalur barat (arah kota Batu). Sedangkan, pengguna jalan yang dari arah barat diarahkan ke Utara.

Aremania berkumpul di depan sekolah SMKN Singosari Jalan. Mondoroko Kecamatan Singosari.
Selanjutnya, Aremania melakukan longmarc membuat Jalan tol Karanglo terhenti total.

Tampak dilapangan, aksi turun jalan Aremania kali ini, memicu beberapa
pengguna jalan yang menggerutu atas
kegiatan ini (dikarenakan) tidak adanya
pemberitahuan ke publik.

” Tidak tahu ada aksi Aremania mas ! ,”‘ tutur
Andi pengguna jalan yang terjebak macet.

Selain, menggelar aksi turun jalan tersebut, Aremania juga menggelar doa bersama yang tampak disertai oleh, beberapa aparat kepolisian setempat.   TIM.

Lanjutkan Membaca

Trending