Connect with us

Daerah

Siklus Tahunan Petik Laut Nelayan Bina Mandiri Di Pantai Ngliyep Malang

Published

on

Basudewa – Malang, Masyarakat Desa Kedungsalam, laksanakan tradisi Petik Laut Nelayan Bina Mandiri di Pantai Ngliyep Malang, Sabtu (13/8/2022).

Ritual tersebut, adalah siklus tahunan yang rutin dilaksanakan warga Desa Kedungsalam, sebagai wujud ucap syukur atau tasyakuran.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun, giat Petik Laut Nelayan Bina Mandiri juga sebuah tradisi budaya yang mestinya, dilestarikan guna membangun karakter kearifan lokal sebagai anak bangsa.

Melalui pantauan dilapangan, ritual ini juga melibatkan, Jajaran Polsek Donomulyo, guna pengamanan diantaranya, Dansatrad Ngliyep,Letkol. Jumari M. Tar, Kapolsek Donomulyo, yang kehadirannya, diwakili oleh, Kanit Binmas, Aipda.Suwandi, Danramil 0818/11 yang juga diwakili oleh, Babinsa, Serka.Solikin dan Bhabinkamtibmas Desa Kedungsalam, Aiptu. Suwito.

Selain Jajaran Polsek Donomulyo, juga tampak, Linmas, Tim SAR, Camat Donomulyo, Kepala Desa Kedungsalam, Misdi dan beberapa elemen
Desa Kedungsalam.

Sebelum acara dimulai, Paguyuban Pelestari Budaya ” Purwo Laras ” melakukan persiapan prosesi Petik Laut.

Selanjutnya, saat prosesi Petik Laut atau larung sesaji semua tumpeng yang dikemas dalam suatu gunungan dipikul untuk dilarung ke laut. Sesi berikutnya, yakni, kenduri (selamatan).

Diruang yang lain, salah satu Bhabinkamtibmas, Aiptu.Suwito, saat ditemui, Jagad Warta, menyampaikan, kegiatan tasyakuran atau selamatan Petik Laut dalam rangka peringatan ritual adat yang dilaksanakan setiap tahun (Agenda tahunan) oleh masyarakat Desa Kedungsalam.

Hal ini, merupakan merupakan budaya yang senantiasa dilestarikan sebagai ungkapan, rasa syukur atas kenikmatan dan rejeki yang diberikan Allah SWT.

Lebih lanjut, pelaksanaan giat Petik Laut tahun ini, dilakukan,secara sederhana dan jumlah yang hadir dibatasi.

Masih menurut, Aiptu.Suwito, namun pelaksanaannya, tidak mengurangi nilai kesakralan seiring Pandemi Covid19.

” Pihaknya, selaku, Bhabinkamtibmas turut dalam prosesi lantaran, guna pengamanan serta memberikan himbauan terhadap masyarakat agar pelaksanaannya, tetap sesuai Prokes demi pencegahan Covid19,” pungkas AKP.Suwito.   MET.

Daerah

Solidaritas Tragedi Kanjuruhan Malang Aremania Serentak Aksi Turun Jalan

Published

on

Basudewa – Malang, Aremania serentak melakukan aksi turun jalan hampir di semua ruas jalan raya. Aksi tersebut, dimulai dari pukul 11.47 WIB, pada Minggu (27/11/2022).

Aremania tampak berkumpul dan menutup pintu tol Karanglo Under Pass (pintu keluar tol Karanglo – Singosari).

Aksi turun jalan berdampak para pengguna jalan terpaksa tidak bisa melewati jalan Under Pass sehingga, pengguna jalan dari arah kota Malang (selatan) diarahkan ke jalur barat (arah kota Batu). Sedangkan, pengguna jalan yang dari arah barat diarahkan ke Utara.

Aremania berkumpul di depan sekolah SMKN Singosari Jalan. Mondoroko Kecamatan Singosari.
Selanjutnya, Aremania melakukan longmarc membuat Jalan tol Karanglo terhenti total.

Tampak dilapangan, aksi turun jalan Aremania kali ini, memicu beberapa
pengguna jalan yang menggerutu atas
kegiatan ini (dikarenakan) tidak adanya
pemberitahuan ke publik.

” Tidak tahu ada aksi Aremania mas ! ,”‘ tutur
Andi pengguna jalan yang terjebak macet.

Selain, menggelar aksi turun jalan tersebut, Aremania juga menggelar doa bersama yang tampak disertai oleh, beberapa aparat kepolisian setempat.   TIM.

Lanjutkan Membaca

Trending