Connect with us

Daerah

Program 3G Dan Rumah Belajar Cahaya Indonesia Secara Resmi Dibuka Wakil Bupati Muin Sogalrey

Published

on

Kepulauan Aru-basudewanews.com, Peringati Hari Manggrove sedunia serta Program 3G Dinas Lingkungan Hidup dan Rumah Belajar Cahaya Indonesia secara resmi dibuka oleh, Wakil Bupati, Muin Sogalrey , bertempat di Desa Karangguli Kecamatan PP Aru Kabupaten Kepulauan Aru, pada Kamis (21/7/2022).

Tampak dilapangan, yang turut hadir dalam kegiatan yakni, Wakil Bupati kepulauan Aru, Muin Sogalrey, Wakapolres Kepulauan Aru, Kompol Idham Chalid, Kepala Dinas lingkungan hidup Ir. J. Gutanjala, Staf Ahli Bupati, Haris Leisubun, Danlanal Kepulauan Aru di wakili Pasiops  Letda Laut. Sutrisno juga Jemaat GPM Karangguli, Pendeta. J. Nuhumury, Ketua Komunitas Bacarita Aru, Marten Pesulima, Ketua Komunitas Rumah Sastra, Arafura Monika Kailey dan para pemuda Desa karangguli.

Dikesempatan tersebut, Wakil Bupati kepulauan Aru Muin Sogalrey, sampaikan, arahannya, berupa, hari Ini patut Kita Syukuri sebagai sebuah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa karena kita masih di beri kesempatan untuk memperingati hari mangrove sedunia yang sesungguhnya jatuh pada tanggal 26 juli 2022 namun, begitu padatnya agenda pemerintahan maka di majukan lebih awal yakni, pada Jum’at (22/7/2022).

Perayaan berada di Desa Karangguli, Kecamatan Pulau-pulau Aru, Kabupaten kepulauan Aru, patut kita syukuri pula karena melalui, momentum ini, kita akan lakukan sejumlah kegiatan penting terutama yang terkait dengan masalah lingkungan hidup yaitu, launching gerakan Aru bersih di kemas dengan nama gerakan 3G yakni, gerakan memilah dan mengemas sampah yang di kenal dengan nama gemas. Gerakan menanam,memangkas pohon,bunga,rumput di kenal dengan nama gempar dan gerakan sapu pantai, halaman dan jalan yang di kenal dengan nama garputala.

Tiga gerakan ini, kalau kita lakukan secara bersama-sama bergandengan tangan baik pemerintah, dunia usaha dan terutama masyarakat maka saya yakin, Aru dapat menjadi sebuah wilayah yang bersih dan sehat dan bukan tidak mungkin kota Dobo akan menjadi kota terbersih di Provinsi Maluku tahun 2022.

Selain mensosialisasikan gerakan 3G, kita juga akan melakukan, kegiatan menanam bakau/mangrove.

Kegiatan seperti ini, menurut pandangan hemat Wabup, sangat penting dan mengapresiasi sebab kita tahu bersama bahwa salah satu permasalahan lingkungan yang dihadapi saat ini adalah masalah kerusakan hutan mangrove.
” Laju Kerusakan Hutan mangrove lebih cepat dibandingkan dengan laju pemulihannya. Kondisi Ini mengakibatkan masih terjadinya kerusakan lingkungan dan hampir seluruhnya, berdampak terjadinya bencana di berbagai pelosok di Indonesia.

Kita masih melihat dan merasakan kejadian banjir dan longsor yang tidak hanya mengakibatkan kerugian ekonomi namun juga merenggut jiwa manusia.

Kerusakan tersebut, menjadi faktor dominan pengurangan nilai dan fungsi hutan yang seharusnya dapat memberikan layanan bagi kehidupan seperti menata siklus air, tempat berada-nya keanekaragaman hayati dan memitigasi perubahan iklim.

Kita perlu memperhatikan dengan serius kerusakan hutan mangrove dan perubahan fungsi lahan karena memberikan kontribusi besar bagi memburuknya perubahan iklim di Indonesia khususnya, di Kabupaten Kepulauan Aru.

Ancaman kelestarian hutan mangrove perlu diantisipasi secara optimal dimana seluruh aktivitas pembangunan, khususnya terkait dengan hutan mangrove harus berwawasan lingkungan dan mengacu pada daya dukung dan daya tampungnya.

Kita masih melihat kegiatan industri terutama pertambangan yang merusak lingkungan, masih maraknya pembalakan liar (llegal logging), konversi lahan untuk pemukiman dan perkebunan yang tidak kalah seriusnya, adalah kebakaran hutan dan lahan yang tidak sedikit terjadi karena pembakaran dengan sengaja.
” Semua perilaku yang merusak tersebut harus diubah sehingga Kabupaten akan hasil hutan ini, tetap terjaga dan lestari serta terhindar dari bencana dan malapetaka ,” tuturnya.

Berdasarkan hal diatas, maka upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, keterlibatan masyarakat dan swasta serta Pemerintah menjadi aspek yang penting.

Pemerintah perlu mengeluarkan program yang pro lingkungan sementara pihak swasta perlu juga menyadari akan pentingnya pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan dan masyarakat diharapkan melakukan aksi-aksi ramah lingkungan hidup seperti membuang sampah pada tempatnya, menanam dan memelihara pohon atau juga menggunakan energi secara bijak.

Diujung pembicaraan, dirinya, menghimbau marilah kita jadikan momentum peringatan hari mangrove se-dunia tahun 2022 untuk mulai merubah perilaku yang berbasis lingkungan serta menjadikan hutan sebagai modal utama pembangunan di bumi Jargaria yang tercinta ini menuju masyarakat sejahtera dan demi kehidupan anak cucu kita kelak.

Selain itu, Wabup, mengapresiasi kepada semua pihak baik pemerintah, Dunia Usaha, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) maupun masyarakat luas yang telah melakukan berbagai kegiatan mendukung pelestarian lingkungan hidup misalnya, melalui kegiatan penanaman hutan bakau yang akan dilaksanakan secepatnya.
Kabiro Maluku.

Daerah

Solidaritas Tragedi Kanjuruhan Malang Aremania Serentak Aksi Turun Jalan

Published

on

Basudewa – Malang, Aremania serentak melakukan aksi turun jalan hampir di semua ruas jalan raya. Aksi tersebut, dimulai dari pukul 11.47 WIB, pada Minggu (27/11/2022).

Aremania tampak berkumpul dan menutup pintu tol Karanglo Under Pass (pintu keluar tol Karanglo – Singosari).

Aksi turun jalan berdampak para pengguna jalan terpaksa tidak bisa melewati jalan Under Pass sehingga, pengguna jalan dari arah kota Malang (selatan) diarahkan ke jalur barat (arah kota Batu). Sedangkan, pengguna jalan yang dari arah barat diarahkan ke Utara.

Aremania berkumpul di depan sekolah SMKN Singosari Jalan. Mondoroko Kecamatan Singosari.
Selanjutnya, Aremania melakukan longmarc membuat Jalan tol Karanglo terhenti total.

Tampak dilapangan, aksi turun jalan Aremania kali ini, memicu beberapa
pengguna jalan yang menggerutu atas
kegiatan ini (dikarenakan) tidak adanya
pemberitahuan ke publik.

” Tidak tahu ada aksi Aremania mas ! ,”‘ tutur
Andi pengguna jalan yang terjebak macet.

Selain, menggelar aksi turun jalan tersebut, Aremania juga menggelar doa bersama yang tampak disertai oleh, beberapa aparat kepolisian setempat.   TIM.

Lanjutkan Membaca

Trending