Connect with us

Daerah

23 Calon Jemaah Haji Asal Aru, Dilepaskan Sore Tadi Oleh Wakil Bupati

Published

on

Kepulauan Aru-basudewanews.com, Sebanyak 23 orang calon Jemaah Haji Asal Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku, dilepaskan sore tadi (20/05-2022), oleh, Wakil Bupati Muin Sogalrey.

Dari pantauan, tampak kegiatan pelepasan Jemaah Haji yang berlangsung di gedung Sitakena Jalan. Pemda I Kelurahan Siwalima Kecamatan PP Aru, Kabupaten Kepulauan Aru provinsi Maluku yang dihadiri oleh, para asisten Bupati, para staf ahli sekda, Kapolres Kepulauan Aru, di Wakili Kabag Ops,AKP.Marlon Hutahean, Pasintel Lanal Aru, Kapten Laut (P) Daulat Mangasi, Danramil 1503-03/Dobo, Kapten Inf. Dody Masaoy, Dansubdenpom Persiapan Kabupaten Kepulauan Aru, Kapten Cpm (K) Wanunu Adam serta Danki E 2 Yon C Pelopor Brimob Dobo, AKP. Abraham Thenu.

Sebelum pelepasan Jemaah Haji, Wabup, Muin Sogalrey, menyampaikan sambutannya, berupa, seraya mempersembahkan syukur kehadirat Allah SWT, pada siang hari yang berbahagia ini kita masih diberikan kesehatan lahir dan batin. Sehingga, dapat hadir dan menyaksikan pelepasan jamaah calon haji Kabupaten Keputauan Aru tahun 2022.

Kita patut bersyukur, karena jemaah calon haji dari Kabupaten Kepulauan Aru, ditengah kondisi kesehatan global yang melanda dunia dimasa pandemic covid-19 calon haji yang masuk daftar dalam waiting list sampai 2021 cukup signifikan.
” Ini, mengindikasikan bahwa secara ekonomi masyarakat Kabupaten Kepulauan Aru,tergolong mampu dan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan perintah Allah SWT dengan menunaikan ibadah haji semakin meningkat. Hal ini tentunya, harus diimbangi dengan peningkatan pelayanan kepada jamaah sehingga, memberikan kenyamanan bagi para jamaah dalam menjalankan ibadah ,” papar Wabup.

Kita semua memahami bahwa, akibat Pandemic Covid-19, mengakibatkan, perubahan adapatasi baru pada pelaksanaan ibadah haji dari segi penyelenggaraan yang tertunda maupun kegiatan teknis lainnya. Oleh karena itu, semua informasi terkait kebijakan atau perubahan adaptasi penyelenggaraan ibadah Haji melalui tahapan yang telah diikuti dipastikan dapat diketahui bersama demi kenyamanan dan kekmakmuram penyelenggaraan kegiatan di maksud.

Harapan kita semua dalam doa-doa, Covid-19, segera selesai. Sehingga niat suci kita semua untuk bisa melaksanakan rukun Islam yang ke Lima ini dengan baik.
” Hanya kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa kita selalu berdoa, berdzikir dan ber-istigomah meminta petunjuk dan perlindungan-NYA, agar dijauhkan dari berbagai ancaman baik krisis, kesehatan global, maupun perdamaian dunia, agar semua niat hati kita yang tulus ini dapat terlaksana dengan baik ,” pesannya.

Sebagaimana kita maklumi, ibadah haji adalah sebagai gambaran atau miniatur padang mahsyar dimana seluruh umat manusia berhadapan dengan Sang Khalik.

Melalui kesempatan ini, atas nama pemerintah maupun pribadi dan seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Aru, kami senantiasa mendoakan saudara-saudara sekalian agar tetap diberikan kekuatan lahir dan batin serta kesehatan selama melaksanakan ibadah haji.

Terhadap para Jemaah datang ke tanah suci untuk menunaikan Rukun Islam yang kelima, maka gunakanlah waktu selama 40 hari itu untuk memperbanyak ibadah seperti berzikir, berdo’a, bersodaqoh dan tawakal. Kesemuanya ini, adalah bertujuan untuk meraih ridho dan rahmat dari Allan SWT, yakni, menjadi haji yang Mabrur dan Mabruroh, amin.

Serta sekembalinya, dari tanah suci diharapkan, para Jemaah akan benar-benar dapat menerapkan kebiasaan ibadah untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

Para Jamaah Calon Haji maupun Hajah, yang saya hormati, semoga keberhasilan penyelenggaraan haji ini tentu saja tidak semata mata tanggung jawab pemerintah pusat dan daerah saja melainkan juga tergantung pada partisipasi para calon Jemaah oleh karena itu, kami berpesan, tingkatkan semangat beribadah dan niat-lah secara ikhlas dan khusus, untuk menunaikan ibadah haji semata-mata karena Allah SWT,
” Hindarkan pikiran, perasaan dan perbuatan yang dapat mengurangi nilai kesempurnaan ibadah Haji,” ungkapnya.

Hal lainnya, disampaikan, pelihara-lah kesehatan agar mampu menunaikan ibadah dengan sempurna karena pada dasarnya ibadah haji bukan hanya ibadah batin tetapi juga ibadah lahir yang memerlukan fisik yang sehat dan kuat untuk dapat melaksanakan serangkaian ibadah haji.

Hal ini dapat diantisipasi antara lain, dengan makan makanan yang bergizi dan dalam jumlah yang cukup, perbanyak minum dan makan buah buahan, serta kurangi kegiatan yang tidak langsung menunjang ibadah, seperti banyak belanja, jalan-jalan dan membawa bawaan yang berat.

Para Jemaah calon Haji adalah duta bangsa, dan daerah oleh karena itu junjung tinggi martabat bangsa, dengan bertingkah yang sopan, tertib, berlapang dada dan tidak mudah tersinggung, tunjukkan kepribadian sebagai umat Islam, warga negara Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
” Berdo’alah kepada Allah SWT, ditempat-tempat yang mustajabah untuk keselamatan dan kebahagiaan diri dan keluarga masing-masing dan para pemimpin bangsa ,” serunya.

Terkait hal ini, saya mohon agar para Jemaah kiranya, dapat menjaga kebersamaan dan memperketat silaturahmi.

Diujung sambutan, Wabup meminta kepada petugas, baik TPHD Kabupaten, dan petugas-petugas lainnya, lakukanlah tugas saudara-saudara dengan serius dan sepenuh hati, sesuai dengan amanah dan tanggung jawab yang dibebankan dipundak saudara-saudara, semoga saudara-saudara baik para jamaah haji, maupun para petugas mendapatkan kemudahan dalam menjalankan ibadah dan tugasnya dan menjadi haji yang mabrur dan mabruroh, serta sekembalinya ke tanah air nanti, akan menjadi muslim yang lebih sempurna.

Kita berharap dengan melandainya, penyebaran virus Covid-19, kami Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru dan Kementerian Agama dapat mengupayakan penambahan kouta haji di tahun mendatang sehingga memperpendek daftar antrean para calon haji tahun berikutnya. Itulah yang bisa kami buat untuk saudara-saudaraku Umat Muslim di Kabupaten Kepulauan Aru yang telah mendaftar untuk melakukan Rukun Islam yang ke-5 naik haji ke Baitullah sembari melepas para calon Jemaah Haji dengan kalimat kebesaran Tuhan Yang Maha Esa, yaitu, “ Bismillahirrahmanirrahim ” para Jemaah calon haji asal Kabupaten Kepulauan Aru, secara resmi saya nyatakan diberangkatkan.

Untuk diketahui, jumlah Jema’ah calon haji Kabupaten kepulauan Aru tahun 1443 H/ 2022 M, yaitu, 23 Orang yang terdiri dari laki-laki 9 Orang,Wanita: 14 Orang.
Kabiro Maluku.

Daerah

Putusan Pengadilan Kasus Pembunuhan Berakhir Ricuh

Published

on

Basudewa – Kepulauan Aru, Sidang agenda bacaan putusan kasus pembunuhan terhadap Ari Binar di Pengadilan Negeri Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, berakhir ricuh.

Kericuhan timbul lantaran, keluarga korban melampiaskan emosi kepada Sang Pengadil yang menjatuhkan vonis terhadap terdakwa Korneles Pulamajen alias Nus selama 15 tahun penjara.

Juru bicara Pengadilan Negeri Dobo, Herdian Eka Putramanto kepada awak media mengatakan, kericuhan itu terjadi usai sidang sekitar pukul 13.10 WIT siang tadi, Rabu (23/11-2022)

” Kericuhan dipicu lantaran pihak keluarga tidak puas atau tidak terima atas bacaan putusan Sang Pengadil, terhadap terdakwa. Putusan 15 tahun penjara tidak sesuai dengan tuntutan JPU yang menuntut terdakwa dengan pidana penjara 17 tahun ,” ungkapnya.

Padahal, terhadap amar putusan tersebut, Sang Pengadil telah menyampaikan, hak terdakwa maupun JPU terhadap putusan yang telah dibacakan. Apabila pihak terdakwa maupun JPU sependapat dengan putusan tersebut, maka dapat menerima namun apabila tidak sempendapat dapat melakukan upaya hukum berupa banding, kasasi maupun PK ,” ujarnya.

Atas putusan tersebut, pihak JPU menyatakan, sikap pikir-pikir. Sedangkan, terdakwa menyatakan menerima.

Lebih lanjut, akibat kejadian ini, pintu ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pengadilan Negeri Dobo bagian kiri pecah terkena lemparan batu dari dari salah satu oknum keluarga korban.

” Perlu kami sampaikan kepada masyarakat terkait segala bentuk ketidakpuasan terhadap hasil Sang Pengadil bukan semata – mata merupakan langkah terakhir namun, masih adanya upaya hukum yang dapat ditempuh bagi para pihak yang merasa tidak puas dengan putusan Sang Pengadil ,” paparnya.     Kabiro Maluku.

Lanjutkan Membaca

Trending