Connect with us

Daerah

Kunker Pangdam XVI Patimura Mayjen TNI Richard Tampubolon Berpesan, Kehadiran Prajurit Sebagai Perekat Bangsa

Published

on

Kepulauan Aru-basudewanews.com, Kunjungan Kerja (Kunker) perdana, Panglima Kodam XVI/Patimura Mayjen TNI. Richard TH. Tampubolon beserta Selly Richard Tampubolon (istri) dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XVI/Patimura tiba di Bandara Udara Rar Gwamar Dobo, Jalan. Cendrawasih, Kelurahan Siwalima, Kecamatan Pulau-pulau Aru, Kabupaten Kepulauan Aru, Sabtu (4/6/2022).

Pesawat Casa – 212 TNI AD No R nleg A – 9144 dengan Pilot Kapten.CPN.Teguh Wibowo, yang ditumpangi Pangdam XVI/ Patimura Mayjen TNI.Richard Tampubolon saat tiba langsung disambut oleh, Bupati
Kabupaten Kepulauan Aru, dr. Johan Gonga,
,Wakil Bupati Kepulauan Aru, Muin Sogalrey, Ketua DPRD Kab. Kepulauan Aru, Udin Belsigaway, Dandim 1503/Tual, Letkol Inf. Arfa Yudha Prasetya dan Kapolres Kepulauan Aru, AKBP.Sugeng Kundarwanto beserta istri, Kapolsek Pulau pulau Aru, Iptu. Penma.Dankipan E ,Danlanal Aru Letkol Laut (P) R. Heru Cahyono bersama istri, Kepala Kejaksaan Negeri Dobo, Parada Situmorang, bersama istri, Wakil Kepala Pengadilan Negeri Klas II Dobo, Agung Sulistiyono, Sekda Kabupaten Kepulauan Aru, Drs. Moh. Djumpa, Kepala Perwakilan Kantor Bea Cukai Dobo, Hamka.

Turut menyambut, Jajaran TNI diantaranya, Dansub Denpom Persiapan Kapten Cpm (K) Wanunu Ode Adam, Danramil 1503-03/Dobo, Kapten Inf.Dody Masaoy bersama istri, Yonif
734/SNS, Lettu Inf.David Rajagukguk, Wadanki Brimob Kompi 2 Yon C Pelopor, Ipda J. C. Kalahatu, Prajurit TNI Koramil 1503-03/Dobo maupun Subdenpom Persiapan dan Kipan E Yonif 734/SNS.

Selanjutnya, rombongan Pangdam XVI/Patimura berkunjung di PT. Rejeki Samudera Abadi (RSA) Jalan.Pertamina, Dusun Belakang Wamar, Desa Durjela, disambut oleh, Pimpinan perusahaan PT. RSA, Raymond Aman.

Lebih lanjut, Pangdam XVI/Patimura Mayjen TNI.Richard Tampubolon setiba Mako Koramil 1503-03 Dobo Jalan. Ali Moertopo, RT/RW 003/003, Kelurahan Siwalima, Kecamatan Pulau pulau Aru, memberikan pengarahan kepada seluruh prajurit Jajaran Kodam XVI/Pattimura.

Adapun, dalam arahan disampaikan berupa,
walaupun fasilitas masih terbatas di sini, namun semua aktivitas dapat berjalan dengan baik dan perlu diberikan apresiasi baik itu Kompi Senapan E Yonif 734/SNS, Subdenpom, dan Koramil Dobo dan Jerol dalam melaksanakan tugas dengan baik.

Dansubdenpom, saya sangat mengapresiasi sekalipun dengan kekurangan baik personil maupun perkantoran namun dansubdenpom sangat sigap dalam melaksanakan tugas.

Semua kemampuan – kemampuan yang ada harapannya melalui program-program mutiara Pattimura kita bisa betul-betul jadi pelindung dan perkasa, kehadiran aparat teritorial kehadiran komando kewilayahan, kehadiran Babinsa semua begitu ada perselisihan melalui pendekatan, melalui dialog semua persoalan dapat diminimalisir. ” Saya bangga dengan Prajurit yang ada di daerah Kepulauan Aru dan jaga kekompakan baik dengan masyarakat, dengan sesama prajurit maupun dengan polisi agar sinergitas tetap terjalin ,” seru Pangdam XVI Pattimura Mayjen.TNI. Richard Tampubolon.

Latihan Sparko agar Satuan tempur tetap laksanakan agar menjadi petarung, latihan Beladiri baik itu Karate maupun lainnya, agar tetap di laksanakan agar menjadi petarung dan bisa mengikuti event-event.

Danki harus menjadi suri teladan bagi anggotanya. Apalagi kompi Elang ini jauh dari satuan Markas.
” Prajurit !, saya titip jadi pemimpin harus yang baik, mohon maaf tidak mampir ke  kesatrian Kompi Elang dan langsung ke Koramil. Tapi saya bangga dengan kalian, dan kalian hindari persoalan-persoalan sekecil apapun itu. Apalagi banyak anggota-anggota yang masih muda-muda ini ,” pesan Pangdam XVI Pattimura.

Pangdam XVI/Patimura Mayjen TNI. Richard Tampubolon, berpesan, jaga nama baik kesatuan dan kekompakan kalian jangan kalian ada perseteruan dengan masyarakat, sesama TNI semuanya bergandengan biasanya di daerah-daerah yang jauh itu semuanya banyak makan, jaga kebersamaan karena itulah saudara-saudara kalian teman-teman polisi, teman-teman angkatan laut dan semua di gandeng, bersama-sama kalian di sini.

Pangdam XVI Pattimura juga berharap, hindari minum minuman keras (Miras) dalam bentuk apapun, yang dapat membuat suatu persoalan dan hindari berkendaraan dalam keadaan mabuk karena banyak terjadi kecelakaan lalu lintas serta hindari juga tindak asusila. Apalagi dengan KBT ya !, karena keluarga besar tentara tidak boleh, dan ini masih saja terjadi di beberapa satuan dan apabila masih ada lagi maka sudah tidak ada ampun  dan akan saya tindak tegas.

Perlu saya tekankan kepada rekan – rekan sekalian, tugas yang terbaik jangan kamu salahkan situasi sekarang kalau ditempatkan di Dobo. Kalau di tempat sini, salahkan dirimu kenapa kau dulu daftar tentara itu yang salah kalau karakter tentara kontraknya, siap ditugaskan ke manapun juga. Suka duka, enak apapun itu judulnya, tentara siap ditugaskan dimana saja dan untuk para istri kamu sudah ada janji sebagai istri prajurit disyukuri pandai-pandai lah bersyukur.

Sebagai Prajurit harus hadir membawa solusi jangan kehadiranmu malah jadi persoalan di tengah-tengah masyarakat. Berkomunikasi yang baik kalau kamu sudah di sini berarti ingat kita orang timur Kita orang Indonesia, pegang teguh perintah Kasad dan juga Sapta Marga, sumpah prajurit dan 8 Wajib TNI intinya, dimana bumi di pijak langit di junjung, jaga kekompakan dengan semua stakeholder baik itu dengan tokoh masyarakat, tokoh agama dan lainnya.
” Saya titip semua prajurit mu !, jaga keamanannya jangan lagi ada yang mabuk-mabuk, tabrakan, mati berkelahi lagi ya ?, kemudian kepada seluruh ibu-ibu Persit saya masih mendapatkan informasi masih banyak ya !, kalau memang biasanya makan nasi ikan asin saja. Tidak usah beli ayam lantaran, bisanya, cuma naik sepeda aja !, tidak usah dipaksa naik motor karena ibu-ibu naik sepeda juga sehat ,” ucapnya.

Richard Tampubolon, juga mengingatkan, terhadap semua prajurit agar bijak menggunakan Sosial Media dan sebentar lagi sudah masuk momen politik sehingga, jangan terbawa emosi dan jangan ikuti perkembangan yang dapat merusak nama baik institusi, karena kita loyalitas tegak lurus keatas satu perintah dimana kehadiran prajurit adalah sebagai perekat bangsa.

Hal lain yang juga disampaikan Pangdam XVI Patimura Mayjen TNI.Richard Tampubolon, terhadap para istri prajurit yakni, kita harus pandai menabung dan pandai mengatur keuangan.
” Dengan pandai-pandai mengatur keuangan dengan tujuan agar bagaimana dapat mendidik anakmu, membantu suami biar fokus melaksanakan tugas dan jaga keharmonisan rumah tangganya sehingga rumah tangganya diberkati ,” pungkasnya.

Usai arahan dilanjutkan dengan pemberian Cinderamata dan sarana olah raga dari Pangdam XVI/Pattimura kepada Danki Senapan E Yonif 734/SNS Lettu Inf.David Rajagukguk dan Danpos Pamputer Yonif 731/Kabaresi Pos Batugoyang,Serma.Dedy.
Kabiro Maluku.

Daerah

Solidaritas Tragedi Kanjuruhan Malang Aremania Serentak Aksi Turun Jalan

Published

on

Basudewa – Malang, Aremania serentak melakukan aksi turun jalan hampir di semua ruas jalan raya. Aksi tersebut, dimulai dari pukul 11.47 WIB, pada Minggu (27/11/2022).

Aremania tampak berkumpul dan menutup pintu tol Karanglo Under Pass (pintu keluar tol Karanglo – Singosari).

Aksi turun jalan berdampak para pengguna jalan terpaksa tidak bisa melewati jalan Under Pass sehingga, pengguna jalan dari arah kota Malang (selatan) diarahkan ke jalur barat (arah kota Batu). Sedangkan, pengguna jalan yang dari arah barat diarahkan ke Utara.

Aremania berkumpul di depan sekolah SMKN Singosari Jalan. Mondoroko Kecamatan Singosari.
Selanjutnya, Aremania melakukan longmarc membuat Jalan tol Karanglo terhenti total.

Tampak dilapangan, aksi turun jalan Aremania kali ini, memicu beberapa
pengguna jalan yang menggerutu atas
kegiatan ini (dikarenakan) tidak adanya
pemberitahuan ke publik.

” Tidak tahu ada aksi Aremania mas ! ,”‘ tutur
Andi pengguna jalan yang terjebak macet.

Selain, menggelar aksi turun jalan tersebut, Aremania juga menggelar doa bersama yang tampak disertai oleh, beberapa aparat kepolisian setempat.   TIM.

Lanjutkan Membaca

Trending