Connect with us

Daerah

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Pancasila Tahun 2022 Secara Virtual

Published

on

Kepulauan Aru-basudewanews.com, Upacara secara Virtual dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 dengan Tema Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia berlangsung Rabu (1/6/2022) pukul 09.00 WIT bertempat di Aula Kantor BPKAD Lantai II Pemda Kepulauan Aru, Jalan. Raya Pemda, Kelurahan Siwalima, Kecamatan Pulau Pulau Aru, Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku.

Turut hadir dalam upacara secara virtual,
Bupati Kep. Aru, dr. Johan Gonga, Wakil Bupati Kepulauan Aru Muin Sogalrey, Ketua
DPRD Kabupaten Kepulauan Aru,Udin Belsigaway, Danlanal Aru, Letkol Laut (P) R. Heru Cahyono, Kapolres Kepulauan Aru AKBP.Sugeng Kundarwanto, Kajari Kab. Kepulauan Aru, Parada Situmorang, Sekda Kepulauan Aru, Moh.Djumpa, Asisten 1 Pemda Aru, Gabriel Dodi Morwarin, Staf ahli Bupati bidang administrasi dan Keuangan, Fedrik Hendrik.

Sedangkan, pejabat yang turut upacara diantaranya, Inspektur upacara Presiden Republik Indonesia,Joko Widodo, Komandan Upacara, Kolonel Inf.Tunjung Setiabudi (Danbrigif 21/ Komodo Kodam IX/Udy).

Inspektur upacara, Joko Widodo, dalam amanatnya mengatakan, Nusa Tenggara Timur merupakan kota yang sangat bersejarah.

Bung Karno adalah bapak pendiri bangsa yang merenungkan dan merumuskan Pancasila kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan pancasila bagi bangsa dan negara.
” Saya mengajak seluruh anak-anak bangsa di manapun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara ,” ungkap Jokowi.

Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua namun, juga telah menjadi bintang menuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian dalam perjalanan sejarah bangsa bahwa bangsa dan negara bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan kepada Pancasila.
” Saya selalu ingatkan kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila kita. Wujudkan dalam sistem kemasyarakatan kebangsaan dan kenegaraan kita dan implementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan juga jiwa interaksi antar sesama anak bangsa. Inilah tugas kita bersama tugas seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang bekerja yang dirasakan kehadirannya dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia ,” ucapnya.

Jokowi berpesan, saat ini kita semua menghadapi situasi dunia yang bergejolak Pandemi Covid19 belum sepenuhnya berakhir dan diikuti oleh krisis energi dan panas serta ancaman kemiskinan ekstrem dan kelaparan dan juga praktis.

Sebagai pemegang mangga presidensial G20 kita mengajak seluruh negara maju di dunia bergotong-royong menciptakan umat manusia yang lebih baik membangun sistem kesehatan global yang mampu menghadapi krisis di masa depan dengan tata kelola dunia yang masih sehat lebih damai dan berperikemanusiaan dan lebih berkeadilan.

Diujung sambutan, Jokowi berseru, agar seluruh pemimpin bangsa terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, para pemimpin partai politik, para pemimpin dan tokoh-tokoh ormas dan para pemimpin-pemimpin lainnya untuk menjadi teladan menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila mengajar seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan.
” Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu memberi Rahmat kepada kita semua ,” pinta Jokowi.

Selanjutnya, tepat pukul 09.40 WIT, upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara Virtual, selesai dalam keadaan aman dan lancar.    Kabiro Maluku

Daerah

Solidaritas Tragedi Kanjuruhan Malang Aremania Serentak Aksi Turun Jalan

Published

on

Basudewa – Malang, Aremania serentak melakukan aksi turun jalan hampir di semua ruas jalan raya. Aksi tersebut, dimulai dari pukul 11.47 WIB, pada Minggu (27/11/2022).

Aremania tampak berkumpul dan menutup pintu tol Karanglo Under Pass (pintu keluar tol Karanglo – Singosari).

Aksi turun jalan berdampak para pengguna jalan terpaksa tidak bisa melewati jalan Under Pass sehingga, pengguna jalan dari arah kota Malang (selatan) diarahkan ke jalur barat (arah kota Batu). Sedangkan, pengguna jalan yang dari arah barat diarahkan ke Utara.

Aremania berkumpul di depan sekolah SMKN Singosari Jalan. Mondoroko Kecamatan Singosari.
Selanjutnya, Aremania melakukan longmarc membuat Jalan tol Karanglo terhenti total.

Tampak dilapangan, aksi turun jalan Aremania kali ini, memicu beberapa
pengguna jalan yang menggerutu atas
kegiatan ini (dikarenakan) tidak adanya
pemberitahuan ke publik.

” Tidak tahu ada aksi Aremania mas ! ,”‘ tutur
Andi pengguna jalan yang terjebak macet.

Selain, menggelar aksi turun jalan tersebut, Aremania juga menggelar doa bersama yang tampak disertai oleh, beberapa aparat kepolisian setempat.   TIM.

Lanjutkan Membaca

Trending