Connect with us

Daerah

Tindaklanjuti Arahan KPK BPKAD Kepulauan Aru Tertibkan Aset Daerah

Published

on

Kepulauan Aru-basudewanews.com, Reaksi positif berupa, menindaklanjuti arahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tentang pencegahan diantaranya, berkaitan dengan penggunaan anggaran dan penertiban aset – aset negara di daerah, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, kembali melakukan penertiban aset – daerah, Kamis (19/5/2022).

Kali ini penertiban aset – aset negara di daerah yang berjuluk kota mutiara indah lestari itu difokuskan ke aset tanah
yang selama ini masih dikuasai oleh, beberapa warga kota Dobo, Kecamatan Pulau – pulau Aru.

Dalam pelaksanaannya, Kepala BPKAD, Yakop Ubyaan melibatkan Kejaksaan dan kepolisian serta Bagian Hukum Setda Kabupaten Kepulauan Aru dan Satpol PP.

Sekretaris daerah, Mohamad Jumpa, kepada basudewanews.com, mengungkapkan, penertiban aset daerah dilakukan karena masalah aset di Kabupaten Aru dari dulu sampai sekarang belum terdata dengan baik. Karena tidak terdata dengan baik, sehingga membebani keuangan daerah, terutama untuk aset bergerak dalam hal ini kendaraan dinas.

Masih menurutnya, baru-baru ini, KPK bersama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) melakukan sosialisasi tentang pencegahan  diantaranya, berkaitan dengan penggunaan anggaran dan penertiban aset.

KPK saat itu meminta BPKAD di seluruh wilayah Indonesia untuk melakukan penertiban aset – aset negara di daerah seperti yang sudah dilakukan KPK di daerah lainnya.

Nah !, BPKAD Kabupaten Aru, sebelumnya sudah melakukan  penataan baik  aset kendaraan, tanah dan bangunan.  Khusus untuk aset kendaraan dinas yang akan ditertibkan, lanjut Moh Jumpa, kalaupun ada  dari kendaraan tersebut, keberadaannya sudah tidak jelas  maka pihaknya akan menelusuri di mana kendaraan itu.
” Kalau sama sekali tidak ada, maka itu akan kami sampaikan kepada KPKNL, apa solusi selanjutnya, guna melakukan lelang ataupun penghapusan sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku,’’ jelasnya.

Selain itu, sesuai arahan KPK, pihaknya, akan mendata seluruh aset, termasuk aset tanah. Jika memang dalam penertiban seperti yang dilakukan hari kemarin Rabu (19/5/2022) dan ditemui ada warga yang sudah menguasai lahan Pemda maka pihaknya, akan melakukan penertiban.
” Penertiban akan dilakukan bersama kejaksaan, kepolisian, bagian hukum dan Satpol PP. Namun yang akan dilakukan terlebih dahulu yaitu, secara persuasif dan jika cara persuasif tidak bisa maka akan dilakukan penyitaan,”tandasnya.

Sementara pantauan, basudewanews.com, penertiban aset tanah milik pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Aru, dilaksanakan di beberapa titik yakni kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Aru,dengan No. SHP 25.02.03.03.4.00004 Luas 10.980 M2
kemudian bergerak menuju Lahan kedua yang bertempat di Jalan. Cendrawasih ( Puncak depan gereja Pentakosta Dobo ) kelurahan Siwalima Kecamatan Pulau-pulau Aru, dengan Nomor SHP 25.02.03.03.4.00005 luas 4.947 M2 dan lahan ketiga tanjakan Jalan puncak dengan No.SHP 25.02.03.03.1.00007 Luas 714 M2

Pada tititik – titik tersebut, dilaksanakan pengukuran dan pemasangan Patok Kepemilikan tanah milik Pemerintah kabupaten Kepulauan Aru.

Terpantau, dalam pelaksanaan penertiban aset tanah tersebut, di temukan 22 bangunan pribadi milik warga di atas lahan tersebut, dengan perincian 18 bangunan permanen dan 4 bangunan semi permanen.

Sampai dengan saat ini belum ada solusi dari pemerintah daerah untuk mengatasi, bangunan atau rumah yang berdiri di atas lahan tersebut.   Biro Maluku.

Daerah

Solidaritas Tragedi Kanjuruhan Malang Aremania Serentak Aksi Turun Jalan

Published

on

Basudewa – Malang, Aremania serentak melakukan aksi turun jalan hampir di semua ruas jalan raya. Aksi tersebut, dimulai dari pukul 11.47 WIB, pada Minggu (27/11/2022).

Aremania tampak berkumpul dan menutup pintu tol Karanglo Under Pass (pintu keluar tol Karanglo – Singosari).

Aksi turun jalan berdampak para pengguna jalan terpaksa tidak bisa melewati jalan Under Pass sehingga, pengguna jalan dari arah kota Malang (selatan) diarahkan ke jalur barat (arah kota Batu). Sedangkan, pengguna jalan yang dari arah barat diarahkan ke Utara.

Aremania berkumpul di depan sekolah SMKN Singosari Jalan. Mondoroko Kecamatan Singosari.
Selanjutnya, Aremania melakukan longmarc membuat Jalan tol Karanglo terhenti total.

Tampak dilapangan, aksi turun jalan Aremania kali ini, memicu beberapa
pengguna jalan yang menggerutu atas
kegiatan ini (dikarenakan) tidak adanya
pemberitahuan ke publik.

” Tidak tahu ada aksi Aremania mas ! ,”‘ tutur
Andi pengguna jalan yang terjebak macet.

Selain, menggelar aksi turun jalan tersebut, Aremania juga menggelar doa bersama yang tampak disertai oleh, beberapa aparat kepolisian setempat.   TIM.

Lanjutkan Membaca

Trending