Connect with us

Hukrim

Arek Kapas Krampung Diduga Pelaku Curat Dibekuk Polrestabes Surabaya

Published

on

Surabaya -basudewanews.com, Pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) yang kerap beraksi di sekitar Jalan.Kapas Krampung, Ploso Bogen, Karang Asem hingga Jalan.Kenjeran Surabaya, berhasil dibekuk oleh, Jatanras Polrestabes Surabaya.

Terkait, hal diatas, Kanit Jatanras, Iptu.Aldhino Prima beserta Kasubnit Jatanras, Ipda.Very Rahmawan saat ditemui basudewanews.com, mengamini bahwa jajarannya telah berhasil membekuk pelaku Curat yang berinisial DJA (21) asal Jalan Kapas Krampung Surabaya.

Masih menurut, Kanit Jatanras,Iptu.Aldhino Prima, mengatakan, bahwa penangkapan terhadap pelaku pada (11/5/2022).
” Pelaku pencurian dengan pemberatan telah diamankan sekira pukul.23.30 WIB, di Jalan.Kapas Krampung Surabaya ,” ucapnya.

DJA terpaksa kami amankan, berdasarkan laporan para korbannya, yaitu, ALA warga Jalan.Simokerto dan H warga Jalan.Kapas Krampung Surabaya.

Lantaran, laporan kedua korban, pelaku selama ini kerap meresahkan masyarakat dengan melakukan aksinya, di beberapa Tempat Kejadian Perkara (TKP) diantaranya,
Jalan. Kapas krampung GG buntu no 21, Kapas krampung GG III no 26, Kenjeran depan Bakso Bonek, Ploso Bogen serta di Jalan.Karang Asem depan Warkop Rempah Surabaya.

Adapun, modus operandi yang dilakukan DJA yakni, pelaku berboncengan mengendarai motor kemudian mencari sasaran ranmor saat mendapatkan sasaran ranmor, salah satu pelaku menunggu di atas motor dan satu pelaku lainnya merusak kunci motor dengan menggunakan kunci T guna dibawa kabur.

Berdasarkan, laporan para korban dan beberapa informasi yang berhasil dikumpulkan Tim Opsnal Jatanras Polrestabes Surabaya, telah melakukan cek di TKP dan serangkaian penyelidikan.
” Tim Opsnal Jatanras setelah mendapatkan informasi bahwa keberadaan pelaku sedang berada di area Kapas Krampung maka Tim Opsnal bergerak cepat guna mengamankan pelaku ,” ungkap Aldhino.

Selanjutnya, pelaku digelandang ke markas Polrestabes Surabaya, guna dilakukan penyidikan lebih lanjut.

Barang Bukti (BB) yang turut diamankan yakni, sebuah motor matic Yamaha jenis Mio, pakaian yang digunakan pelaku serta adanya rekaman CCTV.

Aldhino Prima, menambahkan, perbuatan DJA bisa dijerat dan diancam sebagaimana yang diatur dalam pasal 363 KUHP.    MET.

 

 

Hukrim

Dijerat UU Perlindungan Konsumen Dan Penipuan Medina Zein Eksepsi Dakwaan Jaksa Tanjung Perak Surabaya

Published

on

Basudewa – Surabaya, Sidang perkara sangkaan menawarkan produk tas bermerk Hermes padahal palsu melibatkan Medina Zein sebagai terdakwa bergulir di Pengadilan Negeri Surabaya, pada Selasa (29/11/2022).

Dipersidangan tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Tanjung Perak Surabaya, Ugik Brahmantyo, usai bacakan dakwaannya, di reaksi secara tegas oleh, terdakwa yakni, melakukan eksepsi.

” Saya eksepsi atas dakwaan JPU Yang Mulia, melalui, Penasehat Hukumnya ,” ujar terdakwa.

Sebagaimana diketahui, dakwaan JPU, disebutkan, pada 28 Juni 2021, terdakwa menawarkan barang, mempromosikan barang dengan potongan harga.

Melalui penawaran terdakwa meminta Uci Flowdea Sudjiati guna transfer sejumlah uang ke rekening atas nama Medina Global Indonesia juga ke rekening atas nama terdakwa.

Selanjutnya, terdakwa mengirim 3 tas merk Hermes produk Prancis ke Uci Flowdea Sudjiati (korban) melalui Firda. Kemudian, korban memeriksa tas tersebut.

Alhasil, ke tiga tas diyakini, korban tidak sesuai dan membatalkan pembelian. Dari pembatalan korban pihak terdakwa tidak keberatan namun, terdakwa justru menawarkan kembali tas merk Hermes yang diakuinya, adalah milik pribadi.

Selain itu, terdakwa meyakinkan korban bahwa barang milik pribadi terdakwa adalah asli 1000 persen.

Lagi lagi, korban mengetahui barang tersebut, tidak sesuai keasliannya, hingga korban merasa dirugikan terdakwa sebesar 1 Milyard lebih.

Atas perbuatannya, JPU menjerat terdakwa sebagaimana yang diatur dalam pasal 62 ayat (1) Juncto pasal 9 ayat (1) huruf a Undang Undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen atau pasal 378 KUHP.    MET.

Lanjutkan Membaca

Trending