Connect with us

Daerah

Ketua LSM NAM Meminta Dirlala Tanya Soal Harga Paket Depo Ke PT.Temas Line

Published

on

Dobo-basudewanews.com, Terkait, dugaan adanya, perbandingan harga paket Depo dari pihak PT.Temas Line dengan paket Depo Tol Laut, membuat Ketua LSM Nusantara Aru Membangun (NAM) , Legend Apanath, meminta pihak Dirlala guna menyelesaikan perbandingan harga agar kedepannya, tidak ada lagi perbandingan namun, persamaan harga demi kesejahteraan masyarakat.

Hal diatas, disampaikan, Legend Apanath, kepada tim basudewanews.com, dikediamannya yang beralamat di Lorong Kawasan Kelurahan Siwalima Kecamatan PP Aru Kabupaten Kepulauan Aru Provinsi Maluku, Sabtu (14/5/2022).

Adapun, hal yang mendasarinya, LSM NAM mendesak Dirlala segera menyelesaikan agar harga setara serta jika dilihat dari perbandingan harga paket Depo antara paket Depo Tol Laut dan paket Depo komersil PT Temas Line sangat miris.

Pasalnya, melalui informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, Teus Reguler dan Teus Tol Laut yang sama ukurannya dan stupping dalam satu Depo yang sama dan dimuat dengan kapal yang sama pula namun, anehnya saat penagihan harga paket Depo Reguler sangat murah sementara Teus Tol Laut menjulang.
” Saya minta, Direktur Jenderal Lalu Lintas Laut (Dirlala) harus pertanyakan perbedaan paket Depo yang terjadi selama ini. Ia pun,  berharap Dirlala harus piawai melihat fakta yang ada ,” ungkapnya.

Masih menurutnya, tujuan dari Tol Laut ialah untuk menyamai seluruh harga sembako dan barang penting lain terlebih khusus di daerah terluar atau 3TP dengan Pulau Jawa, contohnya, seperti kita di Kabupaten Kepulauan Aru dan Papua yang berbatasan langsung antara Papua Newgini dan Australia, Sangihe Talaud berbatasan langsung dengan Philipina, Maluku Barat Daya,Kupang berbatasan langsung dengan Timor Leste.
” Bahwa pulau pulau ini yang perlu di perhatikan. Sehingga bisa terjadi Disparitas Harga ,” bebernya.

Lebih lanjut, saya heran kenapa bisa terjadi perbandingan harga Depo yang selisihnya sangat signifikan?.

Apakah karena Teus Tol Laut itu Teus bersubsidi sehingga untuk mendapat keuntungan harga paket Depo diduga bisa dimainkan atau di naikan karena Paket Depo di bayar oleh pengusaha ?.

Infomasi lainnya, yang kami himpun ada subsidi 1.600 Juta, untuk pelabuhan asal (Tanjung perak) dan 1.600 Juta untuk pelabuhan Tujuan (Pelabuhan Dobo). Sehingga, total yang di subsidi per-Teus sebesar 3.200 Juta.

Hal lainnya, Apabila terjadi tagihan lebih tinggi dari harga paket depo komersil berapa keuntungan yang di peroleh ?.

Apakah program Tol Laut untuk menciptakan Disparitas harga ataukah di duga untuk mencari keuntungan belaka ?.
” Atas hal diatas, Dirlala harus bisa menjalankan tupoksinya sebagai kepanjangan tangan dari Pemerintah Pusat guna mensukseskan program Tol Laut ,” pungkasnya.    Kabiro Maluku.

Daerah

Solidaritas Tragedi Kanjuruhan Malang Aremania Serentak Aksi Turun Jalan

Published

on

Basudewa – Malang, Aremania serentak melakukan aksi turun jalan hampir di semua ruas jalan raya. Aksi tersebut, dimulai dari pukul 11.47 WIB, pada Minggu (27/11/2022).

Aremania tampak berkumpul dan menutup pintu tol Karanglo Under Pass (pintu keluar tol Karanglo – Singosari).

Aksi turun jalan berdampak para pengguna jalan terpaksa tidak bisa melewati jalan Under Pass sehingga, pengguna jalan dari arah kota Malang (selatan) diarahkan ke jalur barat (arah kota Batu). Sedangkan, pengguna jalan yang dari arah barat diarahkan ke Utara.

Aremania berkumpul di depan sekolah SMKN Singosari Jalan. Mondoroko Kecamatan Singosari.
Selanjutnya, Aremania melakukan longmarc membuat Jalan tol Karanglo terhenti total.

Tampak dilapangan, aksi turun jalan Aremania kali ini, memicu beberapa
pengguna jalan yang menggerutu atas
kegiatan ini (dikarenakan) tidak adanya
pemberitahuan ke publik.

” Tidak tahu ada aksi Aremania mas ! ,”‘ tutur
Andi pengguna jalan yang terjebak macet.

Selain, menggelar aksi turun jalan tersebut, Aremania juga menggelar doa bersama yang tampak disertai oleh, beberapa aparat kepolisian setempat.   TIM.

Lanjutkan Membaca

Trending