Connect with us

Daerah

Harga Sembako Menjelang Nataru Naik Drastis Pemda Dan DPRD Aru Diminta Kontrol Harga Barang

Published

on

Dobo-basudewanews.com, Menjelang Nataru (Natal dan Tahun Baru) stok Sembilan Bahan Pokok (SEMBAKO) di Aru, menipis mengakibatkan harga Sembako di Daerah ini naik drastis.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun, pada Senin (20/12/2021), sembilan bahan pokok menjelang Nataru naik drastis. Pasalnya, diduga stok sembako semakin menipis apalagi menjelang bulan Desember jatah kontainer Tol Laut untuk kabupaten Kepulauan Aru, sudah tidak ada sementara di Daerah lain masih ada tol laut di bulan Desember 2021 yang mengakibatkan PT.TEMAS dengan sesuka hati menentukan jadwal keberangkatan kapal ke Dobo .

Sesuai Informasi yang diterima media ini kapal kargo PT.TEMAS dijadwal akan tiba di Pelabuhan Yosudarso Dobo Berkisar tanggal 23 atau 24 Desember 2021 namun belum bisa dipastikan stok sembako untuk Kepulauan Aru bisa menutupi kekurangan yang ada.

Mirisnya, PT.TEMAS menyurati Lima Daerah yang di singgahi diantaranya, Agats, Wasior, Dobo, Namlea, Saumlaki tertanggal 12 Oktober 2021 dengan surat no 1322/KOM/srt/TS-SUB/X/2021, perihal ruang muat kapal/pembatasan Tonase,per kontainer 20 ton apabila lebih maka dikenakan cas 500 Ribu per ton.

Sementara di Daerah lain yang terdapat persaingan,PT.TEMAS tidak membatasi tonase, sehingga perlu dipertanyakan atas dasar aturan apa yang mengatur pembatasan tonase? sehingga PT.TEMAS mengeluarkan surat tersebut?.

Selain pihak PT.TEMAS yang dengan leluasa membuat kebijakan pembatasan tonase, ternyata ada juga oknum ekspedisi juga yang sengaja memanfaatkan kelangkaan kapal dan keterbatasan jatah kontainer ke kota Dobo, yang ikut menaikkan biaya pengiriman barang dari Surabaya ke kota Dobo dengan sistem kubikasi yang biaya per-kubik 915 Ribu. Sehingga menyebabkan harga Kontainer bisa mencapai kurang lebih 27 juta per Kontainer sampai di pelabuhan Dobo.

Diharapkan, peran Pemerintah Daerah (PEMDA) Kabupaten Kepulauan Aru dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Aru, guna menyikapi persoalan dan memanggil PT.TEMAS serta pihak Ekspedisi baik yang ada di Dobo maupun di Surabaya untuk rapat bersama dan apa bila ada yang tidak hadir maka,konsekuensinya harus di coret.     JUS.

Lanjutkan Membaca
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daerah

Solidaritas Tragedi Kanjuruhan Malang Aremania Serentak Aksi Turun Jalan

Published

on

Basudewa – Malang, Aremania serentak melakukan aksi turun jalan hampir di semua ruas jalan raya. Aksi tersebut, dimulai dari pukul 11.47 WIB, pada Minggu (27/11/2022).

Aremania tampak berkumpul dan menutup pintu tol Karanglo Under Pass (pintu keluar tol Karanglo – Singosari).

Aksi turun jalan berdampak para pengguna jalan terpaksa tidak bisa melewati jalan Under Pass sehingga, pengguna jalan dari arah kota Malang (selatan) diarahkan ke jalur barat (arah kota Batu). Sedangkan, pengguna jalan yang dari arah barat diarahkan ke Utara.

Aremania berkumpul di depan sekolah SMKN Singosari Jalan. Mondoroko Kecamatan Singosari.
Selanjutnya, Aremania melakukan longmarc membuat Jalan tol Karanglo terhenti total.

Tampak dilapangan, aksi turun jalan Aremania kali ini, memicu beberapa
pengguna jalan yang menggerutu atas
kegiatan ini (dikarenakan) tidak adanya
pemberitahuan ke publik.

” Tidak tahu ada aksi Aremania mas ! ,”‘ tutur
Andi pengguna jalan yang terjebak macet.

Selain, menggelar aksi turun jalan tersebut, Aremania juga menggelar doa bersama yang tampak disertai oleh, beberapa aparat kepolisian setempat.   TIM.

Lanjutkan Membaca

Trending