Connect with us

Pemerintahan

Wagub Emil, Pemprov Jatim Siap Bermitra Majukan Masyarakat Jatim

Published

on

Surabaya-basudewanews.com, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, menyampaikan, bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Timur, siap menjadi mitra berbagai organisasi masyarakat (Ormas) seperti halnya, Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong Jawa Timur.

Ajakan itu disampaikan, dengan tujuan untuk memajukan masyarakat Jawa Timur.
” Kami bersama tentunya, Pemprov Jawa Timur, senantiasa siap bersinergi semaksimal mungkin dengan MKGR Jawa Timur untuk bersama sama memajukan masyarakat Jawa Timur “, kata Wagub
Emil Dardak, saat menghadiri pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) MKGR Provinsi Jawa Timur, periode 2021-2026 di hotel The Westin Surabaya, Minggu (12/12/2021).

Wagub yang pernah menjabat Bupati Trenggalek ini meyakini, bahwa tujuan utama MKGR adalah untuk mengabdi kepada masyarakat. Oleh sebab itu, dirinya berharap, MKGR dapat terus berperan aktif berkiprah sampai level akar rumput atau benar benar menyentuh kalangan masyarakat kecil.
” Pokoknya MKGR gerak ke mana, tentunya Pemprov Jawa Timur, harus selalu siap untuk menjadi mitra yang baik, mitra yang optimal dalam mengabdi kepada masyarakat “, tegasnya.

Lebih lanjut, Emil Dardak, sapaan akrab Wagub Jatim, itu menjelaskan, MKGR memiliki sejarah yang luar biasa. Dimana organisasi dari partai beringin ini bahkan pernah masuk dalam representasi DPR sebagai MKGR, bukan sebagai partai tapi sebagai ormas yang memang duduk di dalam musyawarah perwakilan rakyat.
” Tokoh-tokoh bangsa kita ini tentunya, banyak yang mewarnai perjuangan bangsa kita dalam kapasitasnya juga sebagai representasi dari MKGR “, tuturnya.

Emil Dardak, pun mengatakan, pada 1960-an terdapat 13 Ormas dibawah MKGR. Pada saat itu, MKGR membuat program-program pemberdayaan bagi petani dan pemuda. Program-program tersebut kemudian membawa dampak luar biasa kepada masyarakat.
” Nah ini adalah sejarah yang tidak banyak dimiliki oleh organisasi organisasi lain yang tentu menjadi aset yang luar biasa untuk sebuah organisasi yang bisa tegak berdiri sampai hari ini sejak tahun 1960, tentu ini adalah suatu warisan sejarah yang luar biasa “, pujinya.

Oleh sebab itu, Wagub Emil, percaya bahwa MKGR mampu membawa masyarakat Jawa Timur menjadi lebih maju, peduli dengan tetap membawa misi kekeluargaan dan gotong royong. Terlebih pada saat ini semua masyarakat dihadapkan pada fase kehidupan metaverse. Yaitu dimana orang-orang hidup di dunia maya yang cenderung nampak tidak memliki kepedulian terhadap sesama.
” Kita sangat khawatir kalau generasi muda kita kemudian kehilangan kepedulian kepada sesama dan organisasi masyarakat seperti MKGR ini menjadi sangat penting karena aset bangsa kita adalah pada semangat gotong royong “, ucapnya.

Kalau kepedulian telah hilang dari diri para generasi muda maka akar dari bangsa Indonesia juga akan hilang. Ia berkeinginan agar generasi muda Indonesia tidak kehilangan kepedulian terhadap sesama di tengah derasnya arus digitalisasi saat ini.
” Jika itu hilang karena kita terjebak kepada arus digitalisasi ini maka akan juga menghilangkan akar bangsa kita “, imbuhnya.

Emil pun, menyampaikan, selamat dan sukses bagi para pengurus DPD Ormas MKGR Jawa Timur periode 2021 – 2026.

Dirinya berharap, ke depan akan mampu membawa MKGR semakin sukses dan lebih baik.
” Selamat atas amanah yang kembali dipercayakan kepada Bapak Doktor Kodrat Sunyoto sebagai ketua MKGR Jawa Timur “, pungkasnya.     ATOK.

Lanjutkan Membaca
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pemerintahan

Kemenkumham Jatim Dinobatkan Berkinerja Terbaik Kategori Klasifikasi Kanwil Tipe A

Published

on

Basudewa – Surabaya, Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, dinobatkan sebagai Kanwil Kemenkumham berkinerja terbaik tahun 2021 Kategori Klasifikasi Kanwil Tipe A.

Penghargaan tersebut, merupakan prestasi kinerja berdasarkan, beberapa parameter kinerja.

Beberapa parameter tersebut, adalah Indikator Kinerja Pelaksana Anggaran (IKPA), Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran (SMART), Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah serta Nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

” Selain itu, Meningkatnya Indeks Reformasi Birokrasi dengan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK & WBBM serta capaian target kinerja dan perjanjian kinerja ,” beber Kakanwil Kemenkumham Jatim Zaeroji.

Zaeroji menerima langsung penghargaan tersebut, dari Menkumham, Yasonna H Laoly Kamis (24/11/2022). Dalam gelaran Rapat Koordinasi Pengendalian Capaian Kinerja Tahun 2022 dan Penyusunan Target Kinerja Tahun 2023 itu, seluruh pimpinan tinggi pratama Kanwil Kemenkumham berkumpul untuk mengevaluasi dan merumuskan kebijakan di Hotel Grand Mercure Kemayoran.

” Terima kasih atas dukungan seluruh jajaran dan stakeholder kepada Kanwil Kemenkumham Jatim, ini adalah capaian yang luar biasa di akhir pengabdian saya ,” ujar Zaeroji yang memasuki purna tugas pada 1 Desember 2022 nanti.

Selain Jatim, untuk Kanwil Kemenkumham Tipe A, Kanwil DKI Jakarta berada di peringkat kedua diikuti Kanwil Jawa Barat di peringkat ketiga.

Sedangkan, untuk Kanwil Tipe B, Kanwil NTB meraih terbaik I diikuti, Kanwil DIY dan Sumatera Selatan di peringkat kedua dan ketiga.

Sementara itu, untuk Kanwil Tipe C, berturut-turut diraih Kanwil Bangka Belitung di peringkat pertama, Bengkulu dan Kalteng di peringkat kedua dan ketiga.

Menkumham, Yasonna, mengucapkan, terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah berkontribusi positif melaksanakan seluruh kegiatan.

Untuk pencapaian target yang telah ditetapkan bersama, di sisa waktu di penghujung tahun ini, diselesaikan target kinerja dengan baik dan tuntas.

” Semoga kinerja yang baik dapat terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan dari tahun ke tahun. Bagi Kepala Kanwil yang belum berprestasi dan tanpa prestasi, akan menjadi bahan evaluasi kita bersama ,” pungkasnya.    TIM.

Lanjutkan Membaca

Trending