Connect with us

Daerah

Kapolda Jatim Dan KSAD Kunjungi Lokasi Bencana Erupsi Semeru

Published

on

Lumajang-basudewanews.com, Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afianta mendampingi peninjauan yang dilakukan oleh, Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI.Dudung Abdurachman di posko pengungsi yang berada di Lapangan Candipuro, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (13/12/2021).

Dalam kunjungan itu, KSAD meninjau beberapa posko pengungsian, serta pengecekan terhadap kesiapan anggotanya dalam penanganan bencana termasuk adanya, upaya penanggulangan terhadap para pengungsi yang sebelumnya sudah dilakukan oleh pihak Polda Jatim, dan Polres Lumajang.

Hal lainnya, di lokasi tersebut, KSAD dan Kapolda menerima usulan dari Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, terkait adanya rencana relokasi yang nantinya akan dilakukan oleh pihak Pemkab Lumajang.

Relokasi itu, nantinya akan dilakukan di 3 Desa yang menjadi dampak erupsi Gunung Semeru beberapa waktu lalu.

Lokasi relokasi pun, sudah disediakan oleh, pihak Pemkab Lumajang, bahkan, relokasi itu nantinya melibatkan aparat TNI-Polri.
Diketahui, beberapa upaya sebelumnya telah dilakukan oleh, pihak Polda Jatim dalam penanggulangan erupsi Gunung Semeru tersebut.

Adapun, beberapa upaya itu, yakni, pengerahan ratusan personel Kepolisian, hingga pendirian beberapa fasilitas umum di lokasi pengungsian.

Selain merusak pemukiman dan beberapa fasilitas umum yang ada di beberapa Kecamatan di Lumajang, erupsi itu juga menelan korban jiwa sebanyak 46 warga, 18 mengalami luka berat dan 12 warga mengalami luka ringan.

Hingga saat ini, aparat gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD dan para relawan masih terus melakukan upaya pencarian terhadap warga yang dilaporkan hilang ketika erupsi terjadi.

Selain itu, pihak DVI dari Mabes Polri pun masih terus melakukan identifikasi terhadap beberapa jenazah korban erupsi Semeru.     MET.

Lanjutkan Membaca
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Daerah

Polsek Donomulyo, Hadir Beri Pengamanan Giat Santunan Yatim Piatu Di Desa Kedungsalam Malang

Published

on

Basudewa – Malang, Tahun baru Islam atau yang biasa disebut, Suro dimanfaatkan oleh, Kapolsek Donomulyo Malang guna memberikan pengamanan pada acara Istighosah dan menjalin rantai kebaikan berupa, memberi santunan terhadap Anak Yatim Piatu, Minggu (7/8/2022).

Giat memperingati tahun baru Islam berupa Istighosah dan menjalin rantai kebaikan yang bertema ” Muharram Sebagai Bulan Peningkatan Religius ” .

Selain giat tersebut, tampak juga disertai
langkah kepedulian terhadap sesama yakni, memberi santunan kepada anak Yatim-piatu di Balai Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Melalui data yang diperoleh, yang ter-input ada sekitar 54 Anak Yatim-Piatu yang mendapat bingkisan atau santunan.

Secara terpisah, Kapolsek Donomulyo, AKP.Sutadi, saat ditemui Jagad Warta, mengatakan, bahwa dirinya bersama jajarannya, melakukan langkah pengamanan pada acara tersebut.

Masih menurutnya, giat yang menghadirkan banyak Jamaah juga dihadiri pihak Muspika Kecamatan Donomulyo dan Ketua Lembaga Santunan.

” Pihaknya, sengaja ingin memberikan rasa nyaman dan aman bagi jamaah maupun pihak Muspika Kecamatan Donomulyo, saat acara berlangsung, ” ungkapnya.

Saat disinggung, berapa personel yang turut dikerahkan dalam pengamanan. Masih menurut, AKP. Sutadi, menyampaikan, beberapa anggotanya yang dikerahkan juga ada dari Bhabinkamtibmas, Babinsa Linmas dan Anggota Banser.

” Beberapa saja sih !, diantaranya, Aiptu.Suwito, selaku Bhabinkamtibmas, Serma.Solikin dari Babinsa, Linmas dan Anggota Banser ,” pungkasnya.     MET.

 

 

Lanjutkan Membaca

Trending