Disangkakan Gelapkan 71 Ribu Karton Teh Gelas, Ardytya Cahya Kusuma Dituntut 3 Tahun Penjara

35

Surabaya-basudewanews.com, Proses hukum bagi Ardytya Cahya Kusuma (terdakwa) yang disangkakan gelapkan 71 Ribu, karton teh gelas milik PT.Arta Boga Cemerlang, memasuki agenda tuntutan. Bacaan tuntutan dibacakan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Tinggi Jatim, Sabetania, di Pengadilan Negeri Surabaya, Kamis (14/10/2021).

Dipersidangan, JPU dalam tuntutan memohon Majelis Hakim yang memeriksa perkara ini, untuk menjatuhkan pidana penjara selama 3 tahun.

Dasar JPU melakukan tuntutan yakni, terdakwa dinyatakan secara sah bersalah sebagaimana yang diatur dalam pasal 374

Usai, JPU bacakan tuntutan, Majelis Hakim, Martin Ginting memberi kesempatan terhadap terdakwa guna sampaikan nota pembelaan. Dikesempatan tersebut, terdakwa menyesali perbuatannya dan memohon Majelis Hakim agar menjatuhkan putusan seringan-ringannya.

Dalih terdakwa memohon keringanan putusan Majelis Hakim yakni, masih memiliki 1 orang anak dan belum pernah dihukum.

Untuk diketahui, terdakwa sebagai Kacab di PT.Arta Boga Cemerlang, melakukan perbuatan dengan cara terdakwa minta Kepala Gudang input barang dan setelah barang keluar tidak dijual ke toko yang sesuai pada surat jalan.

Sebagaimana keterangan kedua saksi pemilik toko, dipersidangan sebelumnya, terdakwa menawarkan barang sejumlah 70 Ribu karton dengan harga lebih murah dengan dalih promo. Sedangkan, pembayaran dilakukan secara tunai atau transfer ke rekening pribadi terdakwa.

Atas ulahnya, PT.Arta Boga Cemerlang, merugi 1,8 Milyard sehingga, JPU, menjerat terdakwa sebagaimana yang diatur dalam pasal 374 KUHP.     MET.