PT Kereta Api Indonesia Tawarkan Peluang Karier

13

Infirmasi-Pendaftaran klik laman resmi recruitment.kai.id

Jakarta–basudewanews.com, Sejumlah formasi ditawarkan PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk berkarier. Informasi seputar lowongan pekerjaan dapat diakses melalui laman resmi recruitment.kai.id.

PT KAI membuka lowongan pekerjaan sejak 18 hingga 24 September 2021. Perusahaan pun membuka sejumlah formasi yang dibutuhkan.

Mulai dari Masinis, Kondektur, PPKA, PLR/PRS, PNC LAA, PNC Sintelis, Operator KP JR, Teknisi Workshop Depo Mekanik JJ, Satker Teknisi Jalan Rel dan Jembatan, Administrasi, Staf Pelayanan, Teknisi Pemeliharaan Sarana.

Tingkat pendidikan yang dibutuhkan adalah, SLTA, D3, dan D4/S1. Para pelamar juga harus memenuhi sejumlah kriteria yang ditentukan perusahaan.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yaitu Warga Negara Indonesia (WNI), sehat jasmani dan rohani, ijazah SLTA dengan nilai UAN rata-rata minimal 7,0.

Selain itu, khusus untuk pelamar SLTA yang lulus pada tahun 2020 dan 2021, menggunakan nilai pada ijazah dengan nilai rata-rata minimal 7,0 atau 70.

Bagi pelamar berijazah D3 dengan IPK minimal 3,0 dan akreditasi program studi pada saat tanggal kelulusan minimal B. Untuk ijazah D4 dengan IPK minimal 3,0 dengan akreditasi A.

Sementara itu, usia pelamar di KAI per 1 September yang memenuhi kriteria untuk tingkat SLTA yaitu 18 – 25 tahun, tingkat D3 20 – 27 tahun, dan tingkat D4/S1 21 – 30 tahun.

Para pelamar juga disyaratkan memiliki tinggi badan proposional. Pria minimal 160 cm dengan berat badan ideal, dan wanita minimal 155 cm dengan berat badan ideal.

Khusus pria formasi masinis, kondektur, PPKA, pengawas stasiun dan petugas langsir/petugas rumah sinyal, minimal 165 cm dengan berat badan idel. Khusus wanita formasi masinis, PPKA, dan pengawas stasiun minimal 160 cm dengan berat badan ideal.

Syarat lainnya yang harus dipenuhi calon pelamar harus berpenampilan menarik, berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepolisian yang masih berlaku, serta tidak bertato dan tindik.

Kemudian, para pelemar harus tidak pernah menggunakan atau terlibat narkoba atau psikotoprika yang dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi yang berwenang (BNN/Kepolisian).

Pelamar juga tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap dan tidak pernah diberhentikan di anak perusahaan atau instansi lainnya karena hukuman disiplin atau diberhentikan dengan tidak hormat.

Pelamar juga wajib tidak memiliki hubungan perkawinan dengan pekerja perusahaan pada saat diterima sebagai pekerja perusahaan.

Terakhir, pelamar harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja perusahaan dan lulus dalam seleksi calon pekerja baru yang diselenggarakan oleh panitia rekrutmen. CEB