Dokter David Hendrawan Tawarkan Jasa Teraphy Di Website Diadili.

62

Surabaya-basudewanews.com, Tawarkan jasa pengobatan penghilang nyeri punggung dengan sistem therapist Cell melalui layanan website namun, pada prakteknya diduga tidak menggunakan sistem therapist Cell berujung ke persidangan. Proses hukum di persidangan atas sangkaan berita bohong yang menetapkan dokter David Hendrawan sebagai terdakwa bergulir di Pengadilan Negeri Surabaya, Kamis (2/9/2021).

Dalam dakwaan yang dibacakan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Tinggi Jatim, Novanto, bahwa terdakwa di klinik D’Mitra bertempat di Jalan.Dharmahusada Utara 33 Surabaya, sebagai kantor pusat dengan memilik cabang di Jalan.Bango 31 Malang, telah menawarkan jasa therapist Cell penghilang nyeri sendi dan reumatik.

Penawaran klinik D’Mitra terpampang dalam situs website https// D’Mitra.com untuk media promosi. Sayangnya, jasa yang ditawarkan dalam layanan website berupa klinik, tidak sesuai lantaran, Tedjo Angkoso saat datang ke alamat yang dimaksud ternyata, bukan merupakan suatu klinik melainkan hanya tempat praktek pribadi.

Ditempat tersebut, jasa therapist yang ditawarkan berupa therapist Cell dan therapist Stem Cell hanya bahasa marketing. Bahkan, terdakwa juga tidak pernah mengikuti pelatihan sistem therapist Cell.

Atas perbuatannya, yang memberi informasi bohong atau menyesatkan maka JPU menjerat terdakwa sebagaimana yang diatur dalam pasal 28 ayat (1) Juncto pasal 45 A ayat (1) Undang-Undang RI no.19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang no. 11 tahun 2008 tentang informasi dan elektronik (ITE), jeratan pasal 197 Undang Undang RI no 36 tahun 2009 tentang kesehatan, jeratan pasal 62 ayat (1) Juncto pasal 8 ayat (1) huruf a dan f tentang perlindungan konsumen atau jeratan pasal 378 KUHPidana.    MET.