Sidang Agenda Tuntutan Bagi Venansius Niek Widodo Ditunda.

26

Surabaya-basudewanews.com, Sidang agenda tuntutan bagi Venansius Niek Widodo yang ditetapkan sebagai terdakwa dalam perkara sangkaan tipu gelap yang merugikan Soewondo sebesar 75 Milyard tampak Kamis (19/8/2021) ditunda.

Penundaan, sidang agenda tuntutan diduga secara tidak langsung, lantaran terdakwa dalam kondisi sakit.

Melalui pengamatan, media Basudewanews.com, pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Tanjung Perak Surabaya, tampak menunggu kehadiran Penasehat Hukum terdakwa yang berencana akan sampaikan surat keterangan dari dokter bahwa kliennya dalam kondisi sakit. Sekitar pukul 17 : 29 Wib, Penasehat Hukum terdakwa tampak menyerahkan surat ke panitera dan JPU.

Hal ini diketahui, Penasehat Hukum terdakwa masuk ke ruang sidang hanya untuk menyerahkan surat keterangan dari dokter. Usai menyerahkan ke Panitera dan JPU lantas, Penasehat Hukum terdakwa bergegas pergi meninggalkan Pengadilan Negeri Surabaya.

Sayangnya, hingga berita ini di unggah, Penasehat Hukum terdakwa maupun JPU masih belum dapat dimintai keterangan terkait, penyakit yang diderita terdakwa.

Untuk diketahui, dalam perkara tipu gelap senilai puluhan Milyard terdakwa tidak ditahan melainkan, mendapat penangguhan penahanan. Sedangkan, JPU menjerat terdakwa sebagaimana yang diatur dalam pasal 378 Juncto pasal 64 ayat 1 KUHP.

Terdakwa tersangkut perkara tindak pidana penipuan adalah perkara yang ke-empat kalinya. Dua perkara sebelumnya, ditangani oleh Kejaksaan Negeri Surabaya, dan terbaru terdakwa kembali terjerat kasus untuk keempat kalinya juga ditangani Kejaksaan Negeri Surabaya.     MET.