Putusan Sela, Menolak Eksepsi Venansius Niek Widodo Serta Perintahkan Perkara Berlanjut.

107

Surabaya-basudewanews.com, Sangkaan melakukan tindak pidana penipuan atau tindak pidana pencucian uang yang melibatkan Venansius Niek Widodo sebagai terdakwa, dalam sidang agenda putusan sela, Suparno selaku, Majelis Hakim menolak eksepsi terdakwa seluruhnya serta perintahkan Darwis selaku, Jaksa Penuntut Umum (JPU ) dari Kejaksaan Negeri Surabaya, guna melanjutkan proses hukum.

Putusan sela dibacakan diruang Cakra Pengadilan Negeri Surabaya, pada Rabu (30/6/2021).

Putusan sela tersebut, bahwa Majelis Hakim sependapat dengan JPU. Pendapat JPU disampaikan dipersidangan sebelumnya, pada Rabu (16/6/2021) bahwa JPU memohon Majelis Hakim yang memeriksa perkara ini untuk menolak eksepsi terdakwa.

Hal lainnya, yang disampaikan, JPU, bahwa surat dakwaan atas nama Venansius Niek Widodo telah memenuhi ketentuan pasal 143 ayat 2 huruf a dan huruf b KUHAP. Sehingga surat dakwaan bisa menjadi dasar
pemeriksaan terhadap terdakwa.

Untuk diketahui, perkara dugaan tindak pidana penipuan yang ditangani oleh, Kejaksaan Negeri Surabaya, adalah perkara yang ke-empat kalinya bagi terdakwa. Meski terjerat perkara ke-empat kalinya, terdakwa selalu mendapatkan penangguhan penahanan dari Sang Majelis Hakim.

Dalam perkara tersebut, terdakwa dijerat sebagaimana yang diatur dalam pasal 378 atau 372 atau pasal 3 Undang-Undang RI nomor 8 tahun 2010 tentang tindak pidana pencucian uang.          MET.