Wempi Darmapan Ketua Koperasi Serba Usaha Kepulauan Aru, Diadili Di Surabaya.

748

Surabaya-basudewanews.com, Anak dari Lambertus Darmapan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan ketua Koperasi Serba Usaha (KSU) Cendrawasih Lestari di Kepulauan Aru, Provinsi Maluku, jalani proses hukum di Pengadilan Negeri Surabaya pada (22/6/2021).

Dipersidangan, Indra Koesuma Wardhani yang diwakili oleh, Yusuf Akbar  selaku, Jaksa Penuntut Umum JPU dari Kejaksaan Perak Surabaya, dalam dakwaannya, menjerat terdakwa sebagaimana yang diatur dalam Pasal 88 ayat (1) huruf c Juncto Pasal 15 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

Masih menurut JPU, mengatakan, bahwa terdakwa merupakan Ketua Koperasi Serba Usaha (KSU) Cendrawasih Lestari alamat Jalan Rabiajala RT. 001/Rw.004 Kelurahan Siwalima, Kecamatan Pulau-Pulau Aru, Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku, yang tugas dan kewenangannya mengendalikan jalannya roda koperasi.
“Mengangkat dan memberhentikan anggota, petugas tenaga teknis (GANIS) dan mempunyai kerjasama dengan PT. Anugrah Jati Utama dalam jual beli kayu gergajian juga sebelum terdakwa melakukan pengiriman kayu ke PT. Anugrah Jati Utama”, ucap JPU.

Hal lainnya, bahwa terdakwa menjual atau mengirim kepada PT. Anugerah Jati Utama yang beralamat di Dusun Grogolan, Desa Winong, Kec. Gempol Kabupaten Pasuruan Provinsi Jawa Timur 2020. Adapun kayu gergajian berukuran : 10.0156 M3, tanggal Penerbitan tanggal 28-01 2020 sampai dengan tanggal 21-02-2020.

Akomodasi pengangkutan berupa, Kapal Darlin Isabet dan Daftar kayu olahan (DKO) tanggal 27 Januari 2020 sebanyak 9 (sembilan) lembar, 1 (satu) lembar Daftar Kayu Olahan (DKO) tanggal 27 Januari 2020 yang tidak dilengkapi dengan SKSHH-KO.
“Bahwa terdakwa telah melakukan Penyalahgunaan dokumen angkutan hasil hutan Kayu yang diterbitkan oleh, pejabat yang berwenang, ” papar JPU.      MET.