Amar Putusan Majelis Hakim Tolak Gugatan Lilik Nafidah.

41

Mojokerto-basudewanews.com, Sidang lanjutan, agenda putusan pada perkara gugatan perdata yang melibatkan Lilik Nafidah selaku, Penggugat melawan Tawar sebagai Tergugat bergulir di Pengadilan Negeri Mojokerto, pada Kamis (10/6/2021).

Dipersidangan, Andi Naimmi Masrura selaku, Majelis Hakim dalam bacaan Amar Putusan yakni, memutuskan, menerima eksepsi Tergugat atas gugatan yang diajukan oleh,Lilik Nafidah dan Bukin selaku, Penggugat.

Selain, menerima eksepsi Tergugat, Majelis Hakim juga menjatuhkan Amar Putusan bahwa gugatan Penggugat tidak bisa diterima.

Hal lainnya, dalam bacaan Amar Putusan, Majelis Hakim juga menghukum Penggugat membayar biaya perkara.

Adapun, pertimbangan Majelis Hakim mengabulkan Tergugat yakni, ada ketidakjelasan antara Posita dan Petitum yang diajukan Penggugat.

Untuk diketahui, perkara sengketa ini hingga naik meja hijau lantaran, hutang piutang beralih menjadi Akta Jual Beli (AJB).

Dalam hal tersebut, Penggugat mengklaim
tanah seluas 1590 meter persegi, beserta bangunan yang dihuni Riyadi hasil merupakan pembelian dari Lilik Nafidah.

Padahal, obyek tanah di Dusun Karang Nongko, Desa Sumberkarang, Kecamatan Dlanggu, Mojokerto sesuai dasar alas hak kepemilikan berupa, Sertifikat Hak Milik (SHM) atas nama Tawar.

Melalui pengakuan Tawar (Tergugat), ia tidak pernah menjual obyek tanah namun, diagunkan sebagai jaminan utang ke Lilik Nafidah.
“Saya tidak pernah menjual tanah pekarangan kepada siapapun !, kalau saya jadikan agunan utang, iya,” paparnya.

Masih menurutnya, setelah beberapa waktu, tiba-tiba obyek tanah didirikan bangunan rumah oleh, Riyadi maka berdampak adanya gugatan perdata yang dilakukan oleh, Lilik Nafidah.

Secara terpisah, Soegeng selaku, Penasehat Hukum Tergugat saat ditemui, basudewanews.com, mengatakan, bahwa ia merasa puas atas Amar Putusan dalam perkara gugatan perdata.

Dalam fakta persidangan, Lilik Nafidah sebagai Penggugat kurang cermat atau tidak teliti melakukan gugatan.
“Jadi dalam Amar Putusan, Penggugat dinyatakan gugatannya tidak dapat diterima,” ujarnya.                              MET.