Connect with us

Pemerintahan

Nilai Tukar Petani dan Nilai Tukar Usaha Pertanian, Perkebunan Tunjukan Usaha Kebun Layak.

Published

on

Surabaya-basudewanews.com, Indikator kesejahteraan petani bukan hanya Nilai Tukar Petani (NTP) namun ada juga Nilai Tukar Usaha Pertanian (NTUP) yang lebih mencerminkan kelayakan usaha petani.

Mengingat sebagian besar petani di pedesaan sehingga indikator kesejahteraan dapat dilihat juga dari tingkat kemiskinan maupun rasio di pedesaan.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, Ditjenbun, Dedi Junaedi, Senin (7/6) mengatakan, besarnya intervensi pemerintah dalam pengendalian harga/stabilisasi harga produk di pasar dan memfasilitasi faktor-faktor produksi petani (subsidi harga benih/pupuk, bantuan langsung benih/pupuk, infrastruktur dan lain-lain) turut berkontribusi dalam kesejahteraan petani.

Faktor-faktor penentu standar living income adalah tingkat kebutuhan petani; karateristik petani dalam mengelola kebunnya (intensif, semi intensif atau tradisional), jumlah anggota keluarga atau tenaga kerja, produktivitas dan produksi tanaman, akses terhadap pembiayaan/permodalan; akses terhadap kemudahan mendapatkan sarana produksi seperti pupuk/benih, aksebilitas jalan/infrastruktur, distribusi, logistik, tingkat ekonomi daerah (desa-kota), penguasa’an lahan budidaya.

Indeks harga yang diterima petani (IT) perkebunan Januari-April 2021 rata-rata adalah 122,58. Terdiri Januari 119,89, Februari 120,5, Maret 124,29 , April 125,65. Sedang indeks harga yang dibayar petani (IB) rata-rata 107,05 yang terdiri dari konsumsi rumah tangga 107,28 dan BPPBM (Benih, Pupuk, Pestisida, Sewa/Pengeluaran lain, transport, barang modal, upah buruh) 105,87. Berarti usaha tani perkebunan menguntungkan.

IB petani Januari 106,82, konsumsi rumah tangga 107,11 dan BPPBM 105,42, Pebruari 107 konsumsi rumah tangga 107,22 BPPBM 105,84, Maret 107,08 konsumsi rumah tangga 107,27 BPPBM 106, April 107,31 konsumsi rumah tangga 107,51 BPPBM 106,22.

Nilai Tukar Petani (NTP) Perkebunan 114,51. Masing-masing Januari 112,28, Februari 112,67, Maret 116,14, April 117,18. Sedang Nilai Tukar Usaha Pertanian (NTUP) Perkebunan 115,79 masing-masing Januari 113,85, Pebruari 114,01, Maret 117,42, April 118,46. Hal ini menggambarkan usaha tani perkebunan layak. YOK.

Lanjutkan Membaca
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pemerintahan

Kemenkumham Jatim Dinobatkan Berkinerja Terbaik Kategori Klasifikasi Kanwil Tipe A

Published

on

Basudewa – Surabaya, Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, dinobatkan sebagai Kanwil Kemenkumham berkinerja terbaik tahun 2021 Kategori Klasifikasi Kanwil Tipe A.

Penghargaan tersebut, merupakan prestasi kinerja berdasarkan, beberapa parameter kinerja.

Beberapa parameter tersebut, adalah Indikator Kinerja Pelaksana Anggaran (IKPA), Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran (SMART), Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah serta Nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

” Selain itu, Meningkatnya Indeks Reformasi Birokrasi dengan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK & WBBM serta capaian target kinerja dan perjanjian kinerja ,” beber Kakanwil Kemenkumham Jatim Zaeroji.

Zaeroji menerima langsung penghargaan tersebut, dari Menkumham, Yasonna H Laoly Kamis (24/11/2022). Dalam gelaran Rapat Koordinasi Pengendalian Capaian Kinerja Tahun 2022 dan Penyusunan Target Kinerja Tahun 2023 itu, seluruh pimpinan tinggi pratama Kanwil Kemenkumham berkumpul untuk mengevaluasi dan merumuskan kebijakan di Hotel Grand Mercure Kemayoran.

” Terima kasih atas dukungan seluruh jajaran dan stakeholder kepada Kanwil Kemenkumham Jatim, ini adalah capaian yang luar biasa di akhir pengabdian saya ,” ujar Zaeroji yang memasuki purna tugas pada 1 Desember 2022 nanti.

Selain Jatim, untuk Kanwil Kemenkumham Tipe A, Kanwil DKI Jakarta berada di peringkat kedua diikuti Kanwil Jawa Barat di peringkat ketiga.

Sedangkan, untuk Kanwil Tipe B, Kanwil NTB meraih terbaik I diikuti, Kanwil DIY dan Sumatera Selatan di peringkat kedua dan ketiga.

Sementara itu, untuk Kanwil Tipe C, berturut-turut diraih Kanwil Bangka Belitung di peringkat pertama, Bengkulu dan Kalteng di peringkat kedua dan ketiga.

Menkumham, Yasonna, mengucapkan, terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah berkontribusi positif melaksanakan seluruh kegiatan.

Untuk pencapaian target yang telah ditetapkan bersama, di sisa waktu di penghujung tahun ini, diselesaikan target kinerja dengan baik dan tuntas.

” Semoga kinerja yang baik dapat terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan dari tahun ke tahun. Bagi Kepala Kanwil yang belum berprestasi dan tanpa prestasi, akan menjadi bahan evaluasi kita bersama ,” pungkasnya.    TIM.

Lanjutkan Membaca

Trending