Warga Medokan Semampir Timur DAM II Surabaya, Gelar Sedekah Bumi.

142

Surabaya-basudewanews.com, Kultur sebuah tradisi bagian dari budaya salah satunya, sedekah bumi masih rutin dilaksanakan oleh, warga Medokan Semampir Timur DAM II Surabaya. Pelaksanaan sedekah bumi digelar pada medio Ahad (30/5/2021).

Tampak dilapangan, beberapa lembaga masyarakat turut larut perayaan diantaranya, Lembaga Pelindung dan Pelestari Budaya Nusantara (LP2BN), Satu Kedaulatan Rakyat ( Sakera ), Persatuan Silat Setia Hati (PSHT), Paguyuban Kerukunan Warga (PKW) dan Semangat Perjuangan Anak Bangsa (SPAB)
serta Lembaga Swadaya Masyarakat Mojopahit.

Perayaan sedekah bumi tampak diawali oleh, doa sebagai rasa syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang kemudian di susul potong tumpeng guna berbagi terhadap para tamu maupun warga sekitar.

Secara terpisah, Wardoyo selaku, Ketua PKW saat ditemui menyampaikan, bahwa giat rutin yang dilakukan tiap tahun adalah bentuk syukur warga Medokan Semampir Timur DAM II Surabaya, kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.

Ia menambahkan, kita sebagai makhluk sosial secara harfiah membutuhkan bumi.
Kebutuhan ini tidak dipungkiri, karena bumi senantiasa loyal menyajikan semua kebutuhan kita sebagai insan maka kami warga Medokan Semampir Timur DAM II Surabaya, merayakan sebagai wujud upaya memberi hal-hal yang positif terhadap bumi.

Selain giat tersebut, ia berharap bumi merespons secara positif upaya kita dengan harapan bumi juga menyajikan hal-hal yang positif bagi warga Medokan Semampir Timur DAM II Surabaya, berupa, warga dijauhkan dari wabah khususnya, Pandemi Covid19, dimudahkan segala urusan serta rezekinya lancar.

Hal serupa juga disampaikan, Purnomo salah satu warga juga pengurus PSHT menyampaikan, giat rutin tahunan yang dilaksanakan oleh warga Medokan Semampir Timur DAM II Surabaya, serta mengundang beberapa rekan sejawat termasuk beberapa LSM adalah bentuk positif dengan bersama-sama menghaturkan rasa syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.

Lebih lanjut, kegiatan yang positif berupa sedekah bumi dengan harapan bentuk wujud kami menciptakan keseimbangan dengan alam.
” Semoga giat yang dilaksanakan bisa bermanfaat bagi semua yang hadir di acara perayaan sedekah bumi khususnya, warga Medokan Semampir Timur DAM II Surabaya, serta Tuhan Yang Maha Esa memberi ridho’ dan Rahmat tentunya bagi bangsa Indonesia ,” pungkasnya.                     MET.