Polres,TNI dan Pemda Aru Bagi Masker Kepada Masyarakat Guna Memutus Mata Rantai Covid 19.

35

Dobo-basudewanews com, Memutus mata rantai Covid 19, Polres, TNI dan Pemda Kepulauan Aru, bagi-bagi masker kepada masyarakat di lima titik Kota Dobo pada Kamis (4/2/2021).

Adapun, pembagian masker di pusatkan pada lima titik dalam Kota Dobo, dibagikan langsung oleh,AKBP Sugeng Kundarwanto selaku, Kapolres dan Wakilnya, turut mendampingi, Muin Sogalrey sebagai Wakil Bupati, Jajaran Kodim serta Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satpol PP maupun pengurus Bhayangkari Polres Kepulauan Aru.

Disela-sela pembagian masker, AKBP Sugeng Kundarwanto mengatakan, bahwa kegiatan bagi masker dilakukan secara serempak dari pusat sampai ke daerah termasuk kita di Kabupaten Kepulauan Aru.
“Kegiatan bagi masker ini dilaksanakan secara serentak dan melibatkan unsur TNI dan Pemda Aru. Khususnya, Kota Dobo berlangsung di lima titik yaitu, depan Mako Polres Aru, Tugu Cenderawasih, jalur Belakang Dewan lama, Pasar Timur dan Pasar Jar Garia Dobo”, bebernya.

Lebih lanjut, jumlah masker yang dibagikan pada saat ini berjumlah 2.540 buah, ini dilakukan semata-mata untuk mencegah dan menekan penyebaran Corona Virus Disease(COVID 19) di Kabupaten Kepulauan Aru.

Masih menurutnya, kegiatan ini bukan hanya dilaksanakan di pusat kota Dobo, namun akan dilaksanakan juga di setiap Polsek di seluruh Kecamatan di Kabupaten Kepulauan Aru.
“Tentunya kita akan sediakan juga sampai ke polsek-polsek, yang mana pelaksanaanya akan berkesinambungan dan bertahap,” ungkapnya.

Untuk warga yang tidak memakai masker, Kapolres menegaskan bahwa akan dijalankan sesuai Peraturan Daerah Nomor 6 tahun 2020 tentang Protokoler Covid-19.

Salah satunya adalah memberikan sanksi sosial yaitu menyapu jalan, kemudian pemasangan tulisan di pakaian dengan kalimat, “saya  melanggar protokoler Covid-19 hingga pada penutupan Kios selama tiga hari bagi pemilik yang melanggar”, tegasnya.

Sementara Wakil Bupati Muin Sogalrey  dalam kesempatan yang sama juga menegaskan, bahwa hari ini dan seterusnya jika kedapatan ada masyarakat yang dengan sengaja tidak mengunakan Masker, maka akan ditindak sesuai Peraturan Daerah (PERDA) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Protokoler Kesehatan Covid-19.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan pencegahan dan penanganan Covid-19 yang dilaksanakan secara serempak oleh unsur Forkopimda ini, maka kedepan Kabupaten Kepulauan Aru bisa bebas dari penyebaran Covid-19.

Sedangkan,Choirur Roziqin,S.H., M.Tr.Hanla.M selaku, Danlanal Aru, di kesempatan yang sama menyampaikan, salah satu cara untuk mencegah adanya perkembangan Covid-19 di Aru yakni meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu menggunakan masker dengan menerapkan 3M yakni, rajin mencuci tangan, menggunakan masker dan jaga jarak di manapun dan kapanpun berada

Ia juga mengingatkan, ” agar orang yang di luar atau yang berkendaraan motor dan di dalam kendaraan mobil wajib menggunakan masker jangan sampai lengah, tidak lelah dan tidak kendor mengimplementasikan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M. Karena masih ada orang lain di sekitar kita”, pesannya.   Jus.S