Batik Jetis Tempat Belajar Dan Belanja.

30

Sidoarjo-basudewanews.com, Batik adalah bagian identitas Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki kain batik dengan motif atau corak tersendiri yang menjadi khas batik berasal.

Seperti halnya, Sidoarjo salah satu area yang ada di Jawa Timur punya  pengerajin batik yang masih aktif sampai saat ini.

Kampung batik Jetis yang berada di desa Lemah Putro Sidoarjo, tepatnya dipusat kota Sidoarjo, sudah ada sejak tahun 1675 tapi mulai dikenal pada tahun 1950 an.

Di kampung Jetis para pecinta batik bisa berbelanja juga belajar cara membatik dengan pengerajinnya langsung. Sebelum wabah Pandemi melanda, kampung ini selalu rame.

Tidak hanya pecinta batik anak-anak sekolah turut belajar & praktek langsung cara membatik sehingga menyemarakan kampung Jetis.
“Seminggu bisa 3 sampai 4 kali tempat kita menerima kunjungan entah dari sekolah atau perkumpulan ibu-ibu, kami disini sebagai pengerajin kampung Jetis senang ternyata masih banyak yang suka dan perhatian dengan batik” ungkap pak Yanto pemilik sanggar di kampng batik jetis Sidoarjo.

Jika berkunjung ke Sidoarjo mampirlah kampung batik jetis entah belajar atau belanja. Dengan menjadi pengerajin atau sebagai konsumen produk batik, akan menjaga atau melestarikan salah satu budaya nusantara ini untuk terus berkarya.                                   BW.