Panorama Pegunungan Tengger Bikin Ketagihan.

64

Probolinggo-basudewanews.com, Komplek pegunungan sekitar tengger, ternyata memiliki banyak gunung berapi yang masih aktif ataupun sudah tidak. Konon hanya ada satu gunung, tengger namanya, lalu meletus dan menimbulkan beberapa pegunungan yang sampai saat ini bisa kita lihat di komplek pegunungan tengger.

Di antara beberapa pegunungan ialah, Gunung Bromo, Gunung Semeru, Gunung Kursi, Gunung Batok, Gunung Widodaren, Gunung Pananjakan, dan masih ada beberapa gunung lainnya.

Komplek pegunungan tengger yang punya luas wilayah 1.200 km2 punya banyak potensi bisa dinikmati mulai dari panorama alamnya, kuliner, juga hasil buminya.

Beberapa destinasi yang wajib dikunjungi adalah kawah bromo, padang teletubbies, bukit cinta, bukit kingkong, pananjakan, dan ranu pane.

Tengger juga mempunyai destinasi wisata pendakian gunung semeru yang sangat indah. Selain keindahan ada potensi daya tarik para pengunjung guna beranjak ke puncak pendakian Gunung Semeru.

Gunung Semeru terdapat beberapa puncak pendakian antara lain, Ranu Kumbolo, Danau nan indah yang sempat dijadikan shooting film 5 cm.

Akses untuk sampai ke beberapa puncak pendakian bisa melalui jalur Malang, Lumajang, Probolinggo juga Pasuruan. Jika ingin melihat keindahan Panorama Alam Tengger disarankan melewati jalur Probolinggo, sebab selain akses jalan mulus juga akan disuguhi keindahan ladang-ladang masyarakat setempat dilekuan-lekuan lereng gunung. Sebelum turun kepadang pasir bromo kita akan melalui 2 pos tiket, dipos pertama dengan tiket masuk Rp.5.000 /orang, dan dipos kedua Rp. 32.500 / orang di hari libur.

Wisata pegunungan tengger bukanlah wisata murah, selain melewati 2 pos tiket tersebut tadi, kita masih harus merogoh kocek lebih dalam lagi, Rp. 400.000 sampai Rp. 600.000 harus kita keluarkan untuk menyewa mobil Jeep sebagai angkutan wajib untuk mengelilingi kawasan tengger karena mobil pribadi tidak dapat turun kaldera bromo sebagai akses menuju destinasi lainnya.
” Saya harus menabung cukup lama untuk bisa berwisata kesini, tapi biarpun banyak uang saya keluarkan, buktinya saya gak pernah kapok mas, ini 3 kalinya saya ke sini”, ungkap Romli (23) wisatawan asal Surabaya.

Untuk mengunjungi kawasan tengger sangat disarankan untuk berbekal baju hangat juga jaket tebal, karena ketika musim kemarau suhu disini bisa mencapai minus 2 derajat Celsius. Juga bagi penderita asma untuk berbekal obat atau oksigen tabung, karena cuaca dingin biasanya membuat penyakit asma kambuh.        BW.