Ojung Tradisi Budaya Masyarakat Tengger.

56

Probolinggo-basudewanews.com, Ojung adalah seni budaya tradisional masyarakat Tengger. Seni budaya tradisional tersebut, memperlihatkan dua orang yang saling menyabetkan rotan ke badan lawan.Seni tradisional ojung dapat ditemui di beberapa daerah di Jawa Timur, seperti di Bondowoso, Madura, juga masyarakat pegunungan Tengger.

Setiap daerah mempunyai maksud dan tujuan berbeda dengan menggelarnya kesenian ini, masyarakat Bondowoso selalu menggelar kegiatan budaya Ojung ketika menginginkan hujan turun.

Hal Berbeda lagi yakni dengan Madura, tujuan menggelar acara ini untuk menghindari bencana. Sedangkan,untuk masyarakat tengger hanya akan menggelar ojung disetiap hari raya Karo.
” Kebudayaan ojung memang terlihat sadis dengan sampai mengeluarkan darah dari tubuh setiap petarung. Justru darah dan bekas cambukan rotan itulah menjadi simbol keberanian dari para petarung”, tutur Edi salah satu pemandu wisata tengger.

Berkunjung ke Bromo pada hari raya Karo, para pengunjung akan diberi sajian banyak kegiatan budaya termasuk tradisi Ojung. Hari raya Karo digelar pada bulan ke 2 pada kalender masyarakat tengger.                                        BW.