Oseng Mercon Yogya, Sensasi Pedas Penggugah Selera.

31

Yogyakarta-basudewanews.com, Jalan-jalan seputar Yogya, terdengar namanya Oseng Mercon saja sudah menakutkan, kuliner berbahan baku utama tetelan sapi (koyor) yang diramu berbagai bumbu plus cabe ini berawal dari Yogyakarta.

Yogyakarta selain dikenal sebagai kota pelajar juga menjadi jujukan primadona pecinta kuliner. Berbagai Kuliner yang disajikan kota ini tergolong beda dengan kota lain. Di Yogyakarta makanan yang ditawarkan cenderung makanan-makanan klasik, seperti gudeg, mie godog, nasi goreng jawa, dan kuliner pedasnya seperti Oseng Mercon ini.

Untuk pecinta makanan-makanan pedas para wisatawan lokal maupun asing bisa mengunjungi jalan KH. A.Dahlan Yogyakarta, karena disepanjang jalan tersebut, sebagai pusat dijualnya kuliner Oseng Mercon sejak tahun 1990 an. Kita bisa memilih tempat makan mana yang disuka, kita bisa dimanjakan makan Oseng Mercon dengan melihat lalu-lalang kendaraan yang melintas serta suguhan tradisional berupa,lesehan seolah-olah terasa kental khasnya Yogyakarta.

Olahan oseng mercon yang terdiri dari tetelan sapi (koyor), gula merah, jahe, lengkuas, bawang merah, bawang putih, kecap manis, minyak goreng, dan tentunya cabe yang tidak sedikit. Sensasi manis dan pedas yang meledakkan mulut ini akan membuat kita kapok-kapok Lombok kata orang jawa (kapok tapi ingin coba lagi).
‘Setiap saya ke Yogya, selalu tidak lupa saya mampir untuk makan Oseng Mercon disini, pas makan rasanya, ampun gak mau makan lagi, tapi sampainya dirumah kok rasa manis pedasnya ini masih melekat dan pingin coba lagi, ujar Martono pengunjung asal Surabaya.

Saat mengkonsumsi kuliner pedas ada varian minuman panasnya (wedang), yang bisa di pesan karena salah satu rumah makan Yogya tersedia aneka wedang yang ditawarkan, karena minuman panas (wedang) bisa dengan cepat menghilangkan rasa pedas di mulut.                                 BW.