Air Terjun Eksotis Di Bondowoso.

35

Bondowoso-basudewanews.com,  Keindahan alam Indonesia tak akan habis untuk dinikmati seumur hidup kita, mungkin terlalu besar kita bicara skala nasional, di Jawa Timur saja ada ratusan destinasi wisata alamnya, dari pantai, pegunungan, air terjun, dan kolam renang alaminya.

Bagi wisatawan lokal yang ingin berkunjung ke wisata air terjun selayaknya memilih wilayah bondowoso, karena menurut informasi yang berhasil dihimpun, Bondowoso memilik surga tersembunyi yang indah dan  alami.

Mungkin semua wisatawan lokal pasti sudah pernah tahu atau minimal pernah dengar Gunung Ijen.

Di kaki Gunung Ijen, ada banyak destinasi wisata yang pasti keren salah satunya, di area perkebunan kopi PTPN XII Belawan.

Bagi yang pernah memasuki area Belawan pasti kita akan mengira hanya memasuki hutan belantara dengan akses jalan yang banyak berlubang.

Akses menuju Belawan jika ditempuh dengan mengendarai mobil saat perjalanan kita akan disuguhi dengan pemandangan yang namanya surga tersembunyi, area ini ternyata perkampungan pekerja kopi yang memang disediakan oleh PTPN XII.

Di perkampungan inilah kita bisa menikmati  2 air terjun yang sangat eksotis diantaranya, air terjun Kali Pahit dan air terjun Mini Niagara.

Tiket untuk masuk ke air terjun Kali Pahit hanya dipatok seharga Rp.2000. Jarak antara satu air terjun dengan air terjun yang lain cukup dengan berjalan kaki tidak lebih dari 10 menit.

Sayangnya, di kedua air terjun ini kita tidak bisa bermain air apalagi berenang. Tapi jangan khawatir, keinginan kita bermain air bisa terobati dengan berendam di sumber air panas dengan merogoh kocek hanya Rp.2000 untuk tiketnya.

Saat berkunjung kesini harus tetap hati-hati, jangan telena dengan keindahan alamnya, karena air terjunnya berbahaya tidak berpagar pengaman, dan bersama-sama saling menjaga keindahannya dengan tidak membuang sampah, pesan dari petugas penjaga tiket.
BW.